Inovasi Alat Penghemat Bahan Bakar Pada Kendaraan Berbahan Bakar Bensin Melalui Proses Elektrolisis Air.

Ardy Taufan , 5350306003 (2010) Inovasi Alat Penghemat Bahan Bakar Pada Kendaraan Berbahan Bakar Bensin Melalui Proses Elektrolisis Air. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Inovasi Alat Penghemat Bahan Bakar Pada Kendaraan Berbahan Bakar Bensin Melalui Proses Elektrolisis Air.) - Published Version
Download (421Kb)

    Abstract

    Semakin banyaknya kebutuhan bahan bakar bensin sebagai bahan bakar kendaraan yang tidak diiringi kebutuhan pasokan bahan bakar bensin disuatu negara membuat semakin banyak penggunaan bahan bakar untuk kendaraan berbahan bakar bensin. Untuk itu diperlukan suatu pemikiran untuk mengurangi pasokan bahan bakar bensin sebagai bahan bakar kendaraan. Pada tugas akhir ini mencoba pemanfaatan energi selain minyak yaitu pemanfaatan air sebagai bahan bakar pendorong minyak bensin untuk menghemat kendaraan berbahan bakar bensin. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana pembuatan air sebagai penghemat kendaraan berbahan bakar bensin dan berapa persentase penghematan yang terjadi . Tujuan dan manfaat dari tugas akhir ini adalah 1) Ingin membuat alat yang dapat menghemat bahan bakar kendaraan, 2) Ingin mengetahui penghematan yang terjadi pada alat penghemat bahan bakar melalui proses elektrolisis air setelah di aplikasikan pada kendaraan sehingga didapatkan spesifikasi alat untuk pendukung pembuatan alat. Metode atau prosedur yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah dengan studi pustaka , metode pengamatan langsung dan metode eksperimen. Hasil penenelitian untuk percobaan inovasi alat penghemat bahan bakar pada kendaraan berbahan bakar bensin melalui proses elektrolisis air menunjukkan bahwa semakin tinggi udara yang dimasukkan dan tegangan supply yang dialirkan didalam tabung elektroliser maka akan membuat hydrogen yang dihasilkan semakin besar dan berpengaruh dalam pembakaran diruang pembakaran mesin. Akibatnya bahan bakar terbakar lebih sempurna dan mesin lebih maksimal sehingga bahan bakar bensin yang dibakar lebih sedikit dibandingkan dengan hydrogen dari proses elektrolisis air. Apabila 1liter bensin tanpa alat kendaraan mampu menempuh 42km/jam maka setelah dipasangi alat kendaraan dapat menempuh 50-52km/jam dengan kecepatan yang sama. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa alat penghemat bahan bakar pada kendaraan berbahan bakar bensin melalui proses elektrolisis air telah berhasil melakukan penghematan pada kendaraan dan power atau daya kuda motor tidak menurun melainkan tenaga menjadi meningkat dan suara menjadi lebih besar. Penghematan yang terjadi apabila menggunakan alat ini berkisar 19% sampai 22% tergantung medan jalan dan jenis kendaraan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Proses elektrolisis, Proses Pemisahan Air, Proses Pemasangan Alat Pada Kendaraan.
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Elektro, D3
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 Dec 2011 20:10
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:01

    Actions (login required)

    View Item