Peningkatan Kemampuan Menyunting Karangan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang Tahun Pelajaran 2011/2012


Aldila Andhita Nugrahani, 2101406009 (2011) Peningkatan Kemampuan Menyunting Karangan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menyunting Karangan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang Tahun Pelajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menyunting Karangan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menyunting sebagai salah satu keterampilan menulis dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengubah atau memperbaiki kesalahan yang ada dalam karangan. Kemampuan menyunting karangan siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa tentang ejaan yang disempurnakan (EYD), siswa kurang menguasai tata tulis yang benar, dan siswa kurang tertarik dengan pembelajaran menyunting karangan karena beranggapan bahwa kemampuan menyunting karangan sangat rumit dan membutuhkan pengetahuan yang baik. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyunting karangan siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran menyunting karangan?, (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menyunting karangan pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS)?, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang setelah mengikuti pembelajaran menyunting karangan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS)? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dalam menyunting karangan dan peningkatan kemampuan mneyunting karangan serta perubahan perilaku siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang setelah mengikuti pembelajaran menyunting karangan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang. Siklus I, siklus II, dan siklus III terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini, yaitu kemampuan menyunting karangan pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan menyunting karangan dan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menyunting karangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS), nilai rata-rata kelas siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan. Pada siklus I nilainya sebesar 61 dengan tingkat ketuntasan sebesar 25%, pada siklus II nilainya sebesar 74,75 dengan tingkat ketuntasan sebesar 70%, dan pada siklus III nilainya sebesar 78 dengan tingkat ketuntasan sebesar 80%. Peningkatan kemampuan menyunting karangan siswa ini juga diikuti dengan perubahan perilaku dan juga peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran menyunting karangan. Pada siklus III, siswa terlihat lebih siap dan bersemangat mengikuti pembelajaran, semakin aktif, lebih banyak bertanya. Siswa juga semakin senang dan antusias terhadap pembelajaran menyunting karangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyunting karangan siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tulis-Batang mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS). Adapun saran dalam penelitian ini adalah (1) guru bahasa dan sastra Indonesia dalam proses pembelajaran hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) sebagai alternatif untuk pembelajaran menyunting karangan; (2) siswa lebih banyak berlatih menyunting karangan; dan (3) peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa hendaknya selalu termotivasi untuk melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang lain sehingga diperoleh alternatif teknik pembelajaran baru, khususnya tentang pembelajaran menulis seperti menyunting karangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menyunting karangan, model pembelajaran kooperatif, metode think-pair-share.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2011 00:38
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10650

Actions (login required)

View Item View Item