Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Mempersiapkan Kegiatan OJT (On The Job Training) Melalui Layanan Informasi Pada Kelas X Pemasaran Di SMK Negeri 2 Magelang


Kurnia Puji Rahayu , 1301406041 (2011) Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Mempersiapkan Kegiatan OJT (On The Job Training) Melalui Layanan Informasi Pada Kelas X Pemasaran Di SMK Negeri 2 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Mempersiapkan Kegiatan OJT (On The Job Training) Melalui Layanan Informasi Pada Kelas X Pemasaran Di SMK Negeri 2 Magelang]
Preview
PDF (Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Mempersiapkan Kegiatan OJT (On The Job Training) Melalui Layanan Informasi Pada Kelas X Pemasaran Di SMK Negeri 2 Magelang) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di SMK Negeri 2 Magelang yang menunjukkan kondisi siswa kurang memiliki sikap kedisiplinan pada saat mengikuti kegiatan OJT (On The Job Training). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah layanan informasi dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan informasi dan mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Pre-test and Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Magelang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, dimana yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran 2 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi yang berjumlah 89 butir soal dan 62 butir soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan uji T-test. Hasil pre test menunjukkan kedisiplinan siswa masuk dalam kriteria sedang dengan persentase skor rata-rata 67,02%. Setelah memperoleh layanan informasi, hasil post test menunjukkan skor rata-rata 83,89% dan masuk dalam kriteria tinggi. Dari hasil uji T-test diperoleh Thitung sebesar 9,38 dan nilai Ttabel sebesar 2,04. Besarnya Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi terbukti dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mempersiapkan kegiatan OJT (On The Job Training) di SMK Negeri 2 Magelang. Adanya peningkatan kedisiplinan siswa juga nampak dari sikap siswa dalam mengikuti layanan informasi. Pada pertemuan pertama masih ada beberapa siswa yang terlambat dan berpenampilan kurang rapi, setelah pertemuan ketiga terjadi peningkatan kedisiplinan siswa baik dalam ketepatan waktu maupun dalam berpenampilan. Hasil laiseg baik secara lisan maupun tertulis, menunjukkan bahwa siswa memperoleh pemahaman terhadap materi layanan informasi yang diberikan, merasa senang mengikuti layanan informasi dan akan berusaha meningkatkan kedisiplinan dalam mempersiapkan kegiatan OJT (On The Job Training). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan siswa setelah pelaksanaan layanan informasi. Saran bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan terutama dalam mempersiapkan kegiatan OJT (On The Job Training). Bagi konselor hendaknya terus memantau kedisiplinan siswa sehingga peningkatan kedisiplinan dapat terus terpelihara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Layanan Informasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2011 08:32
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item View Item