Survei Perkembangan Fasilitas Olahraga Rekreasi di Tempat-tempat Pariwisata di Kabupaten Semarang Dalam 3 Tahun Terakhir (2009-2011)


SRI WICAHYANI , 6101407041 (2011) Survei Perkembangan Fasilitas Olahraga Rekreasi di Tempat-tempat Pariwisata di Kabupaten Semarang Dalam 3 Tahun Terakhir (2009-2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survei Perkembangan Fasilitas Olahraga Rekreasi di Tempat-tempat Pariwisata di Kabupaten Semarang Dalam 3 Tahun Terakhir (2009-2011)]
Preview
PDF (Survei Perkembangan Fasilitas Olahraga Rekreasi di Tempat-tempat Pariwisata di Kabupaten Semarang Dalam 3 Tahun Terakhir (2009-2011)) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan olahraga rekreasi di tempat-tempat pariwisata di wilayah Kab Semarang dalam 3 tahun terakhir (2009-2011) dan untuk mengetahui motif pengelola tempat wisata mengembangkan olahraga rekreasi di tempat wisata yang dikelola. Populasi dalam penelitian ini adalah obyek wisata yang ada di wilayah Kab. Semarang sejumlah 46 obyek wisata yang terdiri dari wisata alam, wisata rekreasi, wisata budaya, dan wisata restorasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling atau pengambilan sampel dengan maksud tertentu yang dapat memberikan informasi mengenai apa yang akan diteliti, yakni sejumlah 15 obyek wisata yang tergolong wisata alam atau wisata rekreasi. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisa data sekunder yang didukung data hasil observasi lapangan dan penyajian data dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa ditinjau dari fasilitas yang ada di obyek wisata pada tahun 2009 fasilitas olahraga rekreasi yang ada di 15 obyek wisata sejumlah 67 item (59,8%) dari jumlah keseluruhan fasilitas (daya tarik & daya dukung) 112 item, pada tahun 2010 sebanyak 75 item (63,6%) dari jumlah keseluruhan fasilitas (daya tarik & daya dukung) 118 item, dan tahun 2011 sejumlah 78 item (62,4%) dari jumlah keseluruhan fasilitas (daya tarik & daya dukung) 125 item. Sejumlah 7 dari 15 obyek wisata (47%) menyatakan bahwa motif utama mengembangkan olahraga rekreasi di tempat wisata yang dikelola adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas olahraga yang rekreatif, sejumlah 6 obyek wisata (40%) menyatakan bahwa motif utama mengembangkan olahraga rekreasi diobyek wisata yang dikelola adalah untuk memanfaatkan sumber daya yang ada guna menambah nilai dari sumber daya tersebut, dan sejumlah 2 obyek wisata (13%) menyatakan bahwa motif utama mengembangkan olahraga rekreasi di obyek wisata yang dikelola adalah memperluas usaha untuk mengembangkan bisnis. Saran yang diajukan dari penelitian diatas: 1) Pengelola obyek wisata hendaknya senantiasa mengikuti perkembangan IPTEK dan situasi sosial budaya di masyarakat agar dapat menawarkan fasilitas rekreasi yang bervariatif dan sesuai dengan kebutuhan serta kesenangan masyarakat. 2) Dinas Pariwisata dapat berkerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk menyelenggarakan event-event atau kegiatan olahraga yang rekreatif di obyek wisata untuk memberikan apresiasi terhadap perkembangan olahraga rekreasi di obyek wisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Olahraga Rekreasi
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2011 08:28
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item View Item