Peningkatan Keterampilan Siswa Kelas II SD Dalam Mendeskripsikan Secara Tertulis Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan PAKEM


YANESTINA, 1402907236 (2011) Peningkatan Keterampilan Siswa Kelas II SD Dalam Mendeskripsikan Secara Tertulis Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan PAKEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Siswa Kelas II SD Dalam Mendeskripsikan Secara Tertulis Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan PAKEM.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Siswa Kelas II SD Dalam Mendeskripsikan Secara Tertulis Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan PAKEM.) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa Indonesia mencakup empat aspek, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis (Depdiknas, 2003:9). Kegiatan menulis dirasakan sulit bagi siswa, sehingga guru harus mampu memotivasi siswa agar gemar menulis menggunakan berbagai metode dan pendekatan yang dilakukan. Berdasarkan hasil refleksi awal dalam mendeskripsikan secara tertulis masih ditemukan berbagai kendala dan hambatan. Nilai rata-rata siswa masih rendah dibuktikan berdasarkan nilai yang mencapai KKM hanya 43%. Permasalahan tersebut timbul dari kurangnya aktivitas siswa dan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran menggunakan pendekatan PAKEM. (2) meningkatkan aktivitas siswa melalui pendekatan PAKEM pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SDN Mojo 02 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. (3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan PAKEM pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SDN Mojo 02 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus dengan langkah-langkah pada tiap siklusnya meliputi rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Analisis data secara deskriptif. Indikator dalam penelitian ini adalah keterapilan guru meningkat minimal 80% aktivitas siswa meningkat minimal 75 % dan hasil belajar siswa minimal 65 dengan ketuntasan belajar 75 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penelitian ini menilai aktivitas guru dalam pembelajaran menulis deskripsi, pada siklus I guru memperoleh nilai rata-rata mencapai 78% dan pada siklus II menjadi 85%. (2) aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61% sedangkan pada siklus II naik menjadi 84%. (3) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68 atau sebesar 69% pada siklus II meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan belajar sebesar 89%. Simpulan hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan pendekatan PAKEM di kelas II SDN Mojo 02 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran-saran yang diajukan untuk penelitian adalah sebagai berikut : (1) Disarankan kepada guru menggunakan pendekatan PAKEM dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. (2) Disarankan kepada peneliti lain untuk mengembangkan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mendeskripsi, PAKEM.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2011 07:50
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item