Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV B SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang


Halimatus Sa‟diyah , 1402407167 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV B SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV B SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV B SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal dalam pembelajaran IPS di kelas IV B SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang guru kurang kreatif dalam pembelajaran, guru kurang menggunakan model pembelajaran inovatif dan belum memanfaatkan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif dan kurang bersemangat mengikuti pembelajaran. Nilai IPS yang kurang dari batas KKM 65 yang telah ditentukan sekolah dengan rata-rata kelas hanya 62,44. Melalui pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together berbasis CD Pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together berbasis CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS melalui pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together berbasis CD Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) hasil belajar IPS melalui pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together berbasis CD Pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan melalui pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together berbasis CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajara IPS. Jumlah skor keterampilan guru pada siklus I skor 22 masuk kriteria baik menjadi 26 dengan kriteria baik pada siklus II dan menjadi 29 dengan kriteria sangat baik pada siklus III. Pada siklus I rata-rata skor aktivitas siswa adalah 66% dengan kriteria baik meningkat menjadi 76% dengan kriteria baik pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 87% dengan kriteria sangat baik pada siklus III. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 56%, siklus II sebesar 72%, dan siklus III sebesar 87%. Rata-rata kelas sudah mencapai indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata kelas 66,41 pada siklus I, nilai rata-rata kelas 68,21 pada siklus II, dan nilai rata-rata kelas 74,10 pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together bebasis CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Saran yang dapat diberikan ialah sebaiknya Pembelajaran IPS yang menggunakan cara-cara konvensional diganti dengan pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan pendekatan kooperatif tipe numbered heads together. Pendekatan kooperatif tipe numbered heads together tidak hanya digunakan dalam pembelajaran IPS saja tetapi untuk semua mata pelajaran lain di sekolah, karena pembelajaran ini mampu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Pendekatan Kooperatif Tipe NHT.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2011 07:36
Last Modified: 25 Apr 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item