PENYAJIAN INFORMASI KEPARIWISATAAN KOTA SEMARANG BERBASIS WEB-GIS


Muhamad Endra Aras , 3250405044 (2011) PENYAJIAN INFORMASI KEPARIWISATAAN KOTA SEMARANG BERBASIS WEB-GIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENYAJIAN INFORMASI KEPARIWISATAAN KOTA SEMARANG BERBASIS WEB-GIS] Microsoft Word (PENYAJIAN INFORMASI KEPARIWISATAAN KOTA SEMARANG BERBASIS WEB-GIS) - Published Version
Download (45kB)

Abstract

Muhamad Endra Aras. 2010. Penyajian Informasi Kepariwisataan Kota Semarang Berbasis Web-GIS. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci: Penyajian Informasi, Kepariwisataan, Web-GIS Beberapa cara penyajian informasi pariwisata yang dilakukan oleh pemerintah adalah menggunakan media internet atau melalui situs web. Namun kebanyakan informasi yang disajikan hanya dalam bentuk tabular dan tidak ada data spasialnya. Salah satu alat untuk menyajikan data spasial adalah dengan menggunakan peta. Pada situs dinas pariwisata Kota Semarang, peta yang disajikan hanya peta statis dan hanya menampilkan satu informasi saja. Dengan menggunakan teknologi SIG yang berbasiskan web (Web-GIS) memungkinkan untuk membuat sistem informasi yang dapat menyajikan data atribut dan spasialnya secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi kepariwisataan Kota Semarang berbasis web dengan memanfaatkan teknologi SIG. Data utama dari penelitian ini dibagi 2, yaitu data spasial berupa sebaran lokasi objek wisata beserta fasilitas penunjangnya seperti money changer, hotel, restoran/rumah makan, biro perjalanan wisata, pusat perbelanjaan modern dan tradisional, fasilitas olahraga, serta sarana prasarana transportasi dalam koordinat x dan y Universal Transform Mercator (UTM) dan data atribut informasinya. Data diambil dengan studi pustaka serta survei lapangan yang kemudian dibangun dalam sebuah basis data. Analisis jaringan jalan dilakukan untuk mengetahui objek-objek terdekat dari setiap objek wisata yaitu berupa sarana transportasi, hotel serta restoran atau rumah makan. Semua data kemudian di convert dalam format SVG yang kemudian disajikan dalam sebuah sistem yang berbasis web. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SIG dapat dijadikan sebagai alat untuk memanage data-data kepariwisataan baik untuk proses penyimpanan atau menganalisis objekobjek geografis serta menyajikannya. Sistem informasi yang disajikan dapat menampilkan data spasial dengan data atributnya secara bersamaan di web-browser dengan ditambahkan beberapa menu seperti fasilitas zoom in, zoom out, overview map, tooltip, query, measure dan lain-lain. Data yang disajikan dalam sistem informasi bisa ditampilkan sesuai dengan keinginan user serta dapat menampilkan gambar objek wisata. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah teknologi SIG dapat digunakan sebagai alat untuk membangun sistem informasi kepariwisataan Kota Semarang berbasis spasial dan menyajikannya di internet. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah data-data sektor penunjang pariwisata seperti data-data perhotelan, restoran dan sebagainya masih kurang karena pendataan hanya dilakukan pada lokasi-lokasi tertentu saja dan belum ada peta tematiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyajian Informasi, Kepariwisataan, Web-GIS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2011 08:15
Last Modified: 06 Dec 2011 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10611

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item