BENTUK PERTUNJUKAN SENI BARONGAN “ PUTRO TURONGGO SAMUDRO” DI DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK


Alwi, 2501908003 (2011) BENTUK PERTUNJUKAN SENI BARONGAN “ PUTRO TURONGGO SAMUDRO” DI DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of BENTUK PERTUNJUKAN SENI BARONGAN “ PUTRO TURONGGO SAMUDRO” DI DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK] Microsoft Word (BENTUK PERTUNJUKAN SENI BARONGAN “ PUTRO TURONGGO SAMUDRO” DI DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (45kB)

Abstract

Alwi, 2010. Bentuk Pertunjukan Seni Barongan “ Putro Turonggo Samudra” di Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.Skripsi jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I : Drs.Syahrul Syah S, M.Hum; Pembimbing II:Drs. Eko Raharjo, M.Hum Kesenian Tradisional Kerakyatan Barongan sampai saat ini masih bertahan hidup, tumbuh dan berkembang dari kalangan rakyat dan menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Dan merupakan kesenian yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun. Bahkan merupakan salah satu kesenian yang sangat popular dikalangan anak - anak muda di Desa Gebang Kecamatan Bonang pada khususnya dan di Kabupaten Demak pada umumnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya group kesenian Barongan di Kabupaten Demak terutama di Kecamatan Bonang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai Bentuk Pertunjukan Seni Barongan “ Putro Turonggo Samudro” di Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk - bentuk pertunjukan Seni Barongan “ Putro Turonggo Samudro”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai dokumentasi tertulis untuk dijadikan bahan pustaka di bidang budaya, serta menambah wawasan bagi peneliti dan sebagai informasi dalam pengembangan penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu teknik anilisis yang tidak berdasarkan angka - angka, melainkan dalam pernyataan yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pertunjukan seni barongan “ Putro Turonggo Samudro ” di Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak terdiri dari beberapa unsur-unsur bentuk pertunjukan yang antara lain :(1) waktu, (2) tata panggung, (3) tata busana, (4) tata rias, (5) tata suara, (6) pemain / pelaku seni yaitu: pembarong, penari kuda lumping, setanan, pengrawit, pemain atraksi, pawang (7) sesaji, (8) urut - urutan pertunjukan seni barongan yang terdiri dari: pra tontonan. upacara ritual, pembukaan, pertunjukan inti, dan penutup. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini bagi kelompok seni barongan “ Putro Turonggo Samudro” agar bentuk pertunjukan, khususnya pada elemen-elemen pertunjukan seni barongan lebih dikembangkan lagi, seperti geraknya perlu divariasi, properti kuda kepang dan topeng setanan perlu dikembangkan dan divariasi sesuai karakter tokoh, dan lebih meningkatkan kualitas juga perlu menjaga keharmonisan dan kekompakannya, agar tetap exis dan supaya lebih mendapat hati di masyarakat sehingga kelestariannya tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2011 08:16
Last Modified: 06 Dec 2011 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10604

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item