PEMAHAMAN DAN PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN JASMANI DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA SMA N 1 BANJARNEGARA


ADITYO RAHARJO , 6101406043 (2011) PEMAHAMAN DAN PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN JASMANI DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA SMA N 1 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PEMAHAMAN DAN PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN JASMANI DALAM  INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA  SMA N 1 BANJARNEGARA] PDF (PEMAHAMAN DAN PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN JASMANI DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA SMA N 1 BANJARNEGARA) - Published Version
Download (107kB)

Abstract

Adityo Raharjo. 2010. Pemahaman dan Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Jasmani dalam Interaksi Sosial Antar Siswa SMA Negeri 1 Banjarnegara. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Pebimbing I: Drs. H. Sulaiman, M.Pd., Pembimbing II: Imam Santoso C, S.Pd., M.Si. 97 halaman. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah siswa SMA Negeri 1 Banjarnegara memahami nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan jasmani dan bagaimana penerapannya dalam berinteraksi dengan teman-temannya pada saat mengikuti pelajaran penjas orkes dan di luar pelajaran penjas orkes?”. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman dan proses penerapan nilai-nilai pendidikan jasmani dalam interaksi sosial siswa SMA Negeri 1 Banjarnegara dalam pelajaran Penjas Orkes. Jenis penelitian adalah kuantitatif, metode penelitian adalah metode penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Banjarnegara yang terdiri dari 18 kelas sebanyak 661 siswa. Teknik sampling adalah purposive sample. Jumlah sampel sebesar 103 siswa. Metode pengumpulan datanya dokumentasi, kuesioner, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian pemahaman siswa terhadap nilai-nilai pendidikan jasmani kategori baik presentase 52,4 % dan sangat baik persentase 47,6 %, beberapa nilai pendidikan jasmani menurut siswa adalah sportivitas, kerja sama, gotong royong, semangat, kejujuran, kedisiplinan, tolong menolong, fair play, tanggung jawab dan saling menghormati.. Dari hasil observasi langsung saat jam pelajaran penjas orkes diketahui bahwa siswa telah menerapkan nilai-nilai dalam pendidikan jasmani, misalnya dalam permainan basket siswa dapat menerapkan nilai kerja sama, semangat, disiplin, dan percaya diri. Pada penilaian bola voli siswa menerapkan nilai kejujuran dan tanggung jawab. Dengan demikian diketahui bahwa pemahaman siswa tentang nilai-nilai pendidikan jasmani sudah baik dan siswa telah menerapkannya dalam interaksi sosialnya di sekolah. Sehingga menunjukkan bahwa kinerja guru Penjas Orkes yang ada baik, menjadikan pendidikan jasmani sebagai bagian integral dari pendidikan secara umum. Oleh karena itu penulis mengajukan beberapa saran : 1) guru Penjas Orkes agar meningkatkan kompetensi dalam pendidikan jasmani sehingga dapat meningkatkan pembelajaran yang baik dan menjadikan terwujudnya tujuan pendidikan melalui pendidikan jasmani, 2) siswa hendaknya menyadari pentingnya nilai pendidikan jasmani dalam kehidupan sosialnya, 3) kepala sekolah hendaknya melaksanakan tugasnya sebagai supervisor dengan baik serta berusaha menyediakan sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang memadai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2011 08:18
Last Modified: 06 Dec 2011 08:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10580

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item