Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui Strategi Thinking Empowerment by Questioning terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Semarang.

Aeni Nur Azizah , 4301405091 (2009) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui Strategi Thinking Empowerment by Questioning terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui Strategi Thinking Empowerment by Questioning terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Semarang.) - Submitted Version
Download (1083Kb)

    Abstract

    Dewasa ini para pendidik kerap menganjurkan pemecahan masalah tetapi jarang mendengar tentang pentingnya penciptaan masalah-masalah dan pengajuan pertanyaan-pertanyaan. Salah satu bagian penting dalam konstruktivisme ialah konstruksi pertanyaan-pertanyaan. Selain para siswa mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memecahkan masalah, mereka juga diharapkan termotivasi untuk menciptakan pertanyaan. Bertanya merupakan salah satu strategi utama pembelajaran yang berbasis CTL. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui strategi Thinking Empowerment by Questioning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang pokok materi minyak bumi dan berapa besaran persen pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui strategi Thinking Empowerment by Questioning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang pokok materi Minyak Bumi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel penelitian, variabel bebas adalah penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui strategi Thinking Empowerment by Questioning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi, tes dan observasi. Pada analisis tahap awal, digunakan uji homogenitas, normalitas, dan kesamaan dua varians yang menunjukkan bahwa populasi berangkat dari titik awal yang sama. Pada analisis tahap akhir dilaksanakan uji normalitas dan analisis dua varians terhadap data postes yang menunjukkan bahwa data memiliki varians yang tidak berbeda. Hasil uji hipotesis, uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung (4,847) > ttabel (1,99); sehingga hipotesis diterima. Pengaruh antar variabel diperoleh dengan rumus koefisien korelasi biserial (rb = 0,6051); sehingga besarnya pengaruh sebesar 36,62%. Hasil analisis deskriptif hasil belajar psikomotorik dan afektif menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui strategi Thinking Empowerment by Questioning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang pokok materi minyak bumi tahun pelajaran 2008/ 2009 sebesar 36,62%. Saran yang dapat peneliti berikan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan CTL melalui strategi TEQ cocok digunakan bagi siswa SMA untuk meningkatkan hasil belajar kimia, oleh karena itu para guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Thinking Empowerment by Questioning, Hasil Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 05 Dec 2011 22:11
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:59

    Actions (login required)

    View Item