Bentuk Pertunjukan Grup Musik Rebana Modern al-Badriyyah di Desa Gandrirojo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang

Facryzall Fahrur , 2503405034 (2011) Bentuk Pertunjukan Grup Musik Rebana Modern al-Badriyyah di Desa Gandrirojo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Bentuk Pertunjukan Grup Musik Rebana Modern al- Badriyyah di Desa Gandrirojo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Rebana modern merupakan musik rebana tradisional yang telah terpengaruh oleh perkembangan jaman yang semakin modern. perubahan tersebut dapat kita lihat dari bentuk penyajiannya yang sudah lebih modern, misalnya seperti alat-alat musik yang digunakan tidak hanya alat musik rebana saja, tetapi sudah ditambahkan alat-alat musik modern seperti Bass elektrik, gitar, set drum, keyboard dan lain-lain. Lagu-lagu yang dinyanyikan bukan hanya lagu islami, tetapi juga lagu-lagu yang sedang digandrungi oleh masyarakat sekarang ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Bentuk pertunjukan grup musik rebana modern al-Badriyyah di Desa Gandrirojo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Tujuan penelitian, untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang bentuk pertunjukan grup musik rebana modern Al- Badriyyah di Desa Gandrirojo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode diskriptif yang menghasilkan data diskriptif tentang “BENTUK PERTUNJUKAN GRUP MUSIK REBANA MODERN ALBADRIYYAH DI DESA GANDRIROJO KECAMATAN KABUPATEN REMBANG”. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan kemudian diseleksi atas dasar reabilitas dan validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pertunjukan grup musik rebana modern al-Badriyyah berbentuk ansembel campuran dan dalam pertunjukannya mengaransemen dengan menggabungkan alat musik rebana tradisional dan digabungkan dengan alat musik modern. Bentuk pertunjukan grup musik rebana modern al-Badriyyah ada beberapa tahap yaitu persiapan, inti yang terdiri dari pembuka, inti pertunjukan dan penutup. Dalam pertunjukannya grup musik rebana modern al-Badriyyah ada beberapa macam yaitu tata panggung, tata suara, tata lampu, tata rias, dan tata busana. Bentuk komposisi pertunjukan grup musik rebana modern al-Badriyyah di Desa Gandrirojo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang adalah menggunakan tangga nada diatonis minor dan mayor, irama menggunakan irama dangdut dan kasidah modern dan tempo sedan-cepat (alegro). Saran dalam penelitian ini adalah grup rebana modern al-Badriyyah menjaga keharmonisan dan kekompakannya dengan cara setiap personil dapat berkomitmen dengan mengedepankan kepentingan grup agar tetap eksis. Mengingat semakin banyaknya grup musik baru dengan jenis musik yang berbeda dan lebih menghibur yang muncul di kabupaten Rembang, maka disarankan kepada grup musik rebana modern al-Badriyyah agar lebih baik lagi dalam melakukan pertunjukan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: seni,Pertunjukan Grup Musik Rebana Modern
    Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 05 Dec 2011 19:52
    Last Modified: 05 Dec 2011 19:52

    Actions (login required)

    View Item