Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Lompat Jauh Dalam Penjasorkes Melalui Kajian Lingkungan Sekitar Sekolah Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 4 Bulungkulon Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun 2011

ADI AMINOTO , 6102909153 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Lompat Jauh Dalam Penjasorkes Melalui Kajian Lingkungan Sekitar Sekolah Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 4 Bulungkulon Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Lompat Jauh Dalam Penjasorkes Melalui Kajian Lingkungan Sekitar Sekolah Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 4 Bulungkulon Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun 2011) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pengembangan gerak lompat jauh di area sekitar sekolah untuk siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penlitian pengembangan dari borg & gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1)melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2)mengembangkan produk awal (berupa model permainan gerak lompat jauh diarea sekitar sekolah), (3)evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi kemudian dianalisis, (4)revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (20 siswa), (5)uji lapangan (32 siswa), (6) revisi produk akhir berdasarkan hasil dari uji lapangan, (7)hasil akhir model permainan lompat jauh diarea sekitar sekolah bagi siswa SD Negeri 4 Bulungkulon yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (20 siswa SD N 4 Bulungkulon), dan uji lapangan (32 siswa SD N 4 Bulungkulon). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas : 80% (baik), ahli pembelajaran I : 90,67% (sangat baik), ahli pembelajaran II : 89,34% ( baik), uji coba kelompok kecil 67,66% (cukup baik), dan uji lapangan 90,6% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan lompat jauh diarea sekitar sekolah ini dapat digunakan bagi siswa SD Negeri 4 Bulungulon Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru pendidikan jasmani dan olahraga Sekolah Dasar (SD) untuk menggunakan produk model pembelajaran ini melalui permainan gerak lompat jauh diarea sekitar sekolah pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan di Sekolah Dasar (SD).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Lompat Jauh, Penjasorkes Melalui Kajian Lingkungan Sekitar Sekolah
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 05 Dec 2011 19:33
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:59

    Actions (login required)

    View Item