PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DENGAN MEDIA PICTURE HANGER PADA SISWA KELAS II B SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG


ANJAR DWI SEPTIANI , 1402407150 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DENGAN MEDIA PICTURE HANGER PADA SISWA KELAS II B SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DENGAN MEDIA PICTURE HANGER PADA SISWA KELAS II B  SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DENGAN MEDIA PICTURE HANGER PADA SISWA KELAS II B SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis deskripsi rendah. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal hanya mencapai 57,5 % (23 dari 40 siswa), karena guru kurang optimal dalam menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu siswa sehingga siswa kurang dapat berimajinasi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Selain itu, guru dalam menyampaikan materi pembelajaran masih terpisah-pisah sehingga penguasaan materi pada siswa terbatas. Dan pembelajaran berpusat pada guru yang mengakibatkan keaktifan siswa tidak berkembang karena guru masih menggunakan metode ceramah selama proses pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa kelas II B SDN Tawang Mas 01 Semarang kurang terampil dalam menulis, khususnya menulis deskripsi. Pencapaian hasil evaluasi siswa kurang maksimal dengan rata-rata kelas 65,5. Rumusan masalah yang muncul yaitu: Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa Kelas II B SDN Tawang Mas 01? Masalah tersebut dirinci: (1) apakah model pembelajaran terpadu dengan media Picture Hanger dapat meningkatkan keterampilan guru dalam proses pembelajaran di kelas II B SDN Tawang Mas 01? (2) apakah model pembelajaran terpadu dengan media Picture Hanger dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas II B SDN Tawang Mas 01? (3) apakah model pembelajaran terpadu dengan media Picture Hanger dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II B SDN Tawang Mas 01? Model pembelajaran terpadu dengan media Picture Hanger bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II B SDN Tawang Mas 01, yang meliputi: (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam proses pembelajaran di kelas II B SDN Tawang Mas 01; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas II B SDN Tawang Mas 01; (3) meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II B SDN Tawang Mas 01. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tawang Mas 01 Semarang, meliputi seluruh siswa kelas II B tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 40 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan dokumen dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran terpadu dengan media Picture Hanger dapat meningkatkan keterampilan guru dengan skor 30 pada siklus pertama menjadi 38 pada siklus kedua, aktivitas siswa meningkat dari skor rata-rata 2,88 pada siklus pertama menjadi 3,29 pada siklus kedua, dan keterampilan menulis deskripsi dengan persentase ketuntasan sebesar 67,5% (27 dari 40 siswa) rata-rata 74,25 pada siklus pertama meningkat menjadi 90% (36 dari 40 siswa) rata-rata 84,43 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan dalam menerapkan pembelajaran terpadu dengan media Picture Hanger sebaiknya: (1) guru mempersiapkan sumber belajar sebelum pembelajaran, (2) siswa banyak berlatih menulis untuk mempermudah dalam berimajinasi, dan (3) siswa membiasakan diri membaca buku-buku penunjang lain sehingga dapat menambah wawasan siswa untuk menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Deskripsi, Model Pembelajaran Terpadu, Media Picture Hanger
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 08:36
Last Modified: 25 Apr 2015 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10545

Actions (login required)

View Item View Item