Kesalahan Berbahasa Jawa Tataran Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarkawung


Tri Anjani , 2102407052 (2011) Kesalahan Berbahasa Jawa Tataran Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarkawung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesalahan Berbahasa Jawa Tataran Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarkawung.]
Preview
PDF (Kesalahan Berbahasa Jawa Tataran Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarkawung.) - Submitted Version
Download (758kB) | Preview

Abstract

Warga SMP Negeri 2 Bantarkawung dalam interaksi sehari-hari menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Indonesia. Percampuran antara penggunaan bahasa tersebut memicu adanya kesalahan dalam berbahasa, terutama kesalahan berbahasa Jawa pada tataran morfologi. Pendalaman yang benar terhadap proses-proses morfologi dapat memperbaiki tata penulisan siswa dalam pembelajaran menulis bahasa Jawa. Berdasarkan paparan tersebut, permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kesalahan berbahasa Jawa tataran morfologi pada karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarkawung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi kesalahan berbahasa Jawa tataran morfologi pada karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarkawung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan analisis kesalahan berbahasa dan pendekatan metodologis yang digunakan berupa pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat yang diduga mengandung kesalahan yang ditemukan pada karangan berbahasa Jawa siswa. Sumber data penelitian ini berupa karangan berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarkawung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pilah. Teknik pemaparan hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Wujud kesalahan berbahasa Jawa tataran morfologi pada karangan berbahasa Jawa siswa terjadi pada tataran afiksasi, reduplikasi, dan kata majemuk. Kesalahan tersebut meliputi 11 jenis kesalahan yaitu (1) kesalahan berbahasa Jawa karena salah menentukan bentuk asal, (2) kesalahan berbahasa Jawa karena afiks dipisah dari kata dasar, (3) kesalahan berbahasa Jawa karena fonem yang tidak luluh dalam proses afiksasi diluluhkan, (4) kesalahan berbahasa Jawa karena klitika dipisah dari kata dasar, (5) kesalahan berbahasa Jawa karena kurang afiks, (6) kesalahan berbahasa Jawa karena penggunaan afiks yang tidak tepat, (7) kesalahan berbahasa Jawa karena kurang penulisan sufiks –e, (8) kesalahan berbahasa Jawa karena enklitik –e tidak diletakkan pada akhir kata, (9) kesalahan berbahasa Jawa sufiks –i tidak diletakkan pada akhir kata, (10) kesalahan reduplikasi, (11) kesalahan berbahasa Jawa karena kesalahan penulisan kata majemuk. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan bagi peneliti lain untuk meneliti tataran yang berbeda dalam kesalahan berbahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan berbahasa tataran morfologi, karangan siswa
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2011 07:04
Last Modified: 25 Apr 2015 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10535

Actions (login required)

View Item View Item