Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Siswa Kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang.


Rizal Hidayat , 1402407169 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Siswa Kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Siswa Kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Siswa Kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang.) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelajaran bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan di sekolah dasar di daerah Jawa Tengah. Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 kecamatan Semarang barat kota Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa. Belum maksimalnya guru dalam menggunakan 8 keterampilan mengajar berdampak pada ketidakmaksimalan aktivitas siswa, selain itu kurangnya variasi dan inovasi dalam pembelajaran membuat siswa melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada keterampilan menulis aksara jawa siswa. Metode Mind map bisa membantu siswa dalam pembelajaran dan membuat siswa menjadi lebih aktif. Metode Mind Map (peta pikiran) sangat cocok diterapkan pada siswa sekolah dasar, hal itu dikarenakan metode ini mampu mengajarkan siswa bagaimana cara mencatat yang disukai dan sesuai dengan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran menulis aksara Jawa dengan menggunakan metode Mind Map (peta pikiran). (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis aksara Jawa dengan menggunakan metode Mind Map (peta pikiran). (3) meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV dengan menggunakan metode Mind Map (peta pikiran). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kels IV SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind Map (peta pikiran) dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis siswa dalam menulis aksara Jawa. Presentase ketuntasan klasikal siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 74,5%, siklus 2 sebesar 90,35 %. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah metode Mind Map (peta pikiran) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa kelas IV. Manfaat dari penelitian ini adalah agar penelitian ini dapat dijadiikan landasan dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa supaya kualitas pembelajaran bahasa Jawa dapat meningkat dan meningkatkan motivasi, minat, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mempelajari bahasa Jawa, khususnya menulis aksara Jawa. Saran yang disampaikan adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, aksara Jawa, metode Mind Map
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2011 06:41
Last Modified: 25 Apr 2015 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10532

Actions (login required)

View Item View Item