ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN PREMATURE SIGN-OFF OF AUDIT PROSEDURE PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI JAWA TENGAH


Hayuning Tyas Aji, 7250406505 (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN PREMATURE SIGN-OFF OF AUDIT PROSEDURE PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN PREMATURE SIGN-OFF OF AUDIT PROSEDURE PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI JAWA TENGAH]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN PREMATURE SIGN-OFF OF AUDIT PROSEDURE PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI JAWA TENGAH)
Download (112kB) | Preview

Abstract

SARI Aji, Hayuning Tyas. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tindakan Premature Pign-off of Audit Procedure pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jawa Tengah . Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Fachrurrozie, M.Si. II. Nanik Sri Utaminingsih, SE, M,Si, Akt. Kata Kunci : Premature Sign-off of Audit Procedure, Lokus Kendali (lokus of control), Tingkat Jabatan, Etika Profesi, Partial Least Square (PLS). Dalam menyatakan pendapat atas laporan keuangan yang diaudit, auditor diharuskan mengumpulkan bukti pendukung atas pendapatnya tersebut. Dalam memperoleh bukti yang kompeten dan akurat, diharuskan melaksanakan semua prosedur audit yang diberlakukan dengan benar. Apabila salah satu prosedur dihentikan atau dihilangkan maka akan sangat mempengaruhi kualitas audit yang dihasilkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah lokus kendali, tingkat jabatan, dan etika profesi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana pengaruh lokus kendali internal terhadap tindakan premature sign off, (2) Bagaimana pengaruh tingkat jabatan terhadap tindakan premature sign-off, (3) Bagaimana pengaruh tingkat jabatan terhadap etika profesi, (4) Bagaimana pengaruh etika profesi terhadap tindakan premature sign-off. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 auditor. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat uji smartPLS. Hasil penelitian dengan metode Partial Least Square (PLS) menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif namun tidak signifikan antara lokus kendali internal dengan tindakan premature sign-off, terdapat pengaruh negatif tingkat jabatan terhadap tindakan premature sign-off, terdapat pengaruh positif tingkat jabatan terhadap etika profesi, terdapat pengaruh negatif etika profesi terhadap tindakan prematur sign-off. Simpulan dari penelitian ini yaitu lokus kendali internal tidak berpengaruh terhadap tindakan premature sign-off, tingkat jabatan berpengaruh terhadap tindakan premature sign-off, tingkat jabatan berpengaruh terhadap etika profesi, etika profesi berpengaruh terhadap tindakan premature sign-off. Penelitian ini menunjukan 62,67% responden melakukan premature sign-off of audit procedure. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini kepada peneliti berikutnya adalah mempertimbangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi terjadinya tindakan premature sign-off of audit procedure diantaranya dari faktor ekternal (time pressure, budget pressure, audit risk, prosedur review, serta tingkat materialitas) dan dari segi internal karakteristik auditor lainnya (self esteem, idealism, relativism, need approval, need for achievement serta competitive type behavior).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Premature Sign-off of Audit Procedure, lokus of control, Job Level, Profession Ethics, Partial Least Square (PLS).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 05:42
Last Modified: 05 Dec 2011 05:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10526

Actions (login required)

View Item View Item