ANALISIS PRODUKTIVITAS PENELITIAN SEBAGAI INDIKATOR PROFESIONALISME DI LINGKUNGAN GURU SMA NEGERI KABUPATEN JEPARA


Laila al Qudriyah, 7101406047 (2011) ANALISIS PRODUKTIVITAS PENELITIAN SEBAGAI INDIKATOR PROFESIONALISME DI LINGKUNGAN GURU SMA NEGERI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of ANALISIS PRODUKTIVITAS PENELITIAN SEBAGAI INDIKATOR PROFESIONALISME DI LINGKUNGAN GURU SMA NEGERI KABUPATEN JEPARA] PDF (ANALISIS PRODUKTIVITAS PENELITIAN SEBAGAI INDIKATOR PROFESIONALISME DI LINGKUNGAN GURU SMA NEGERI KABUPATEN JEPARA)
Download (107kB)

Abstract

SARI Qudriyah, Laila Al. 2010. ”Analisis Produktivitas Penelitian sebagai Indikator Profesionalisme di Lingkungan Guru SMA Negeri Kabupaten Jepara”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. ST. Sunarto, M.S. II. Drs. FX. Sukardi. Kata Kunci: Produktivitas Penelitian, Profesionalisme guru. Untuk mencapai peningkatan mutu pendidikan diperlukan tenaga pendidikan yang profesional. Salah satu indikator profesionalisme guru diukur sejauhmana yang bersangkutan mampu melakukan aspek pengembangan profesi, diantaranya kemampuan dalam melaksanakan penelitian. Berdasarkan observasi awal pada guru SMA Negeri Kabupaten Jepara, dapat diketahui bahwa masih banyak guru yang jarang atau belum pernah melaksanakan penelitian. Hal ini disebabkan berbagai faktor yang menghambat, salah satunya yaitu masih rendahnya keinganan guru dalam melaksanakan penelitian, pemahaman tentang penelitian, dan sumber pustaka atau referensi yang terbatas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kualitas pemahaman guru SMA Negeri Kabupaten Jepara mengenai penelitian? (2) faktor-faktor apa yang menyebabkan guru SMA Negeri Kabupaten Jepara rendah dalam melaksanakan penelitian? (3) bagaimana produktivitas guru SMA Negeri Kabupaten Jepara dibidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) selain penelitian? Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri Kabupaten Jepara yang berjumlah 365 guru. Sampel penelitian diambil secara proporsional stratified random sampling dan diperoleh 55 guru sebagai responden. Sub variabel dalam penelitian ini adalah: (1) pemahaman mengenai penelitian, (2) pelaksanaan penelitian, (3) produktivitas bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) selain penelitian. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes dan angket. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara umum analisis produktivitas penelitian sebagai indikator profesionalisme di lingkungan guru SMA Negeri Kabupaten Jepara berada dalam kategori sangat rendah sebesar 25,23%. Hal ini menunjukkan bahwa produktivitas penelitian di lingkungan guru SMA Negeri Kabupaten Jepara secara umum masih sangat rendah. Pada sub variabel pemahaman mengenai penelitian secara umum berada dalam kategori rendah sebesar 49,70%. Pada sub variabel pelaksanaan penelitian secara umum berada dalam kategori rendah sebesar 50,27%. Faktor-faktor yang menyebabkan guru SMA Negeri Kabupaten Jepara rendah dalam melaksanakan penelitian adalah sebagai berikut: (1) keterbatasan kemampuan dan kurang wawasan mengenai penelitian, (2) keterbatasan media, dan referensi , (3) keterbatasan dana, (4) keterbatasan waktu dan kesempatan, (5) kemauan yang rendah. Pada sub variabel produktivitas bidang karya tulis ilmiah (KTI) selain penelitian secara umum berada dalam kategori sangat rendah sebesar 30,24%. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu (1) guru sebaiknya lebih meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di bidang pendidikan dan menyusun karya tulis ilmiah lainnya dengan cara membaca buku tentang penelitian serta belajar dari berbagai sumber untukmenambah pengetahuannya. (2) pihak sekolah sebaiknya memberikan informasi, dan mendukung guru agar mengikuti pendidikan dan pelatihan, sehingga memotivasi guru untuk mengurangi rasa enggan atau kemauan yang rendah dalam melaksanakan penelitian. (3) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara sebaiknya memberikan pendidikan dan pelatihan sehingga guru memiliki pemahaman tentang penelitian di bidang pendidikan dan menyusun karya tulis ilmiah lainnya tinggi dan guru dapat meminimalisir hambatan dalam melaksanakan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas Penelitian, Profesionalisme guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:34
Last Modified: 03 Dec 2011 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10502

Actions (login required)

View Item View Item