PEMBENTUKAN WAKAMONO KOTOBA DALAM DRAMA YAMADA TARO MONOGATARI


Krisna Setiawan, 2352307017 (2011) PEMBENTUKAN WAKAMONO KOTOBA DALAM DRAMA YAMADA TARO MONOGATARI. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of  PEMBENTUKAN WAKAMONO KOTOBA DALAM DRAMA YAMADA TARO MONOGATARI] Microsoft Word ( PEMBENTUKAN WAKAMONO KOTOBA DALAM DRAMA YAMADA TARO MONOGATARI)
Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Krisna. 2010. “Analisis Pembentukan Kosakata Wakamono Kotoba Dalam Drama Yamada Taro Monogatari”. Tugas Akhir. Prodi Bahasa Jepang D3. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dra. Rina Supriatnaningsih, M. Pd. dan Lispridona Diner, S. Pd., M. Pd. Kata kunci : Kosakata, Wakamono Kotoba, Drama Perkembangan teknologi dan pegaruh budaya yang semakin cepat, juga berpengaruh terhadap perkembangan bahasa itu sendiri. Gaya bahasa semakin lama mengalami perubahan seiring pergantian generasi yang sering disebut dengan bahasa gaul. Di Jepang, Bahasa gaul sangat populer di kalangan anak muda, dan digunakan sebagai media komunikasi sesama anak muda. Penggunaan bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari juga dapat dilihat pada drama Yamada Taro Monogatari. Berdasarkan hal itu, penulis tertarik untuk meneliti pembentukan Wakamono Kotoba yang terdapat dalam film tersebut. Tujuan penelitian Tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pembentukan Wakamono Kotoba dalam drama Yamada Taro Monogatari Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan dan menjelaskan bahasa Jepang khususnya tentang pembentukan Wakamono Kotoba yang terdapat dalam Drama Yamada Taro Monogatari. Sumber data diambil dari film Yamada Taro Monogatari. Objek data penelitian ini adalah pembentukan Wakamono Kotoba dalam drama tersebut. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik simak catat, yaitu peneliti menyimak isi cerita dan mencatat kosakata yang digunakan anak muda di film tersebut. Hasil penelitian yaitu pembentukan Wakamono Kotoba tidak selalu berupa kosakata baru yang diciptakan oleh generasi muda sebagai simbol bahasa slang atau bahasa gaul, tetapi ada juga yang masih menggunakan kosakata bahasa Jepang asli, namun pemaknaan kosakata tersebut dapat berubah tergantung situasi ataupun penggunaannya oleh penutur yang mempunyai latar belakang sosial dan kebiasaan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Wakamono Kotoba, Drama
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa Jepang (D3)
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:28
Last Modified: 03 Dec 2011 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item