Efektivitas Penggunaan Media Film Dokumenter pada mata Pelajaran Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konflik Sosial Pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati


Dyah Kuswinarti, 3501406016 (2011) Efektivitas Penggunaan Media Film Dokumenter pada mata Pelajaran Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konflik Sosial Pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Film Dokumenter pada mata Pelajaran Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konflik Sosial Pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati] Microsoft Word (Efektivitas Penggunaan Media Film Dokumenter pada mata Pelajaran Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konflik Sosial Pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati) - Published Version
Download (58kB)

Abstract

Kuswinarti, Dyah. 2010. Efektivitas Penggunaan Media Film Dokumenter pada mata Pelajaran Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konflik Sosial Pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati. Skipsi, Jurusan Sosiologi & Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Efektivitas, Media Film Dokumenter, Hasil Belajar, Sosiologi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media film dokumenter yang belum maksimal dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran sosiologi. Padahal media audio visual efektif dapat membantu menyampaikan materi pelajaran dimana siswa seolah melihat langsung fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Permasalahan pada penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi antara pembelajaran yang menggunakan media film dokumenter dan tanpa menggunakan media film dokumenter materi konflik sosial kelas XI IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi antara yang menggunakan media film dokumenter dan tanpa menggunakan media film dokumenter.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 188 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling dengan cara mengundi lima kelas yang ada kemudian, diambil dua kelas secara acak untuk dua kelompok. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-3 sebagai kelas kontrol, serta kelas XI IPS-2 sebagai kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok yang diajarkan menggunakan media film dokumenter mendapatkan hasil belajar rata-rata sebesar 81,38. Nilai tertinggi yang dicapai oleh kelompok eksperimen sebesar 97 dan nilai terendahnya sebesar 63, hasil belajar kelompok yang diberi perlakuan tanpa menggunakan media film dokumenter dan ceramah mempunyai rata-rata 72,25. Nilai tertinggi yang dicapai oleh kelompok yang diberi perlakuan tanpa film dokumenter sebesar 97 dan nilai terendahnya sebesar 50, dan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan media film dokumenter dan pembelajaran tanpa menggunakan film dokumenter. Setelah pelaksanaan pembelajaran selesai, dilakukan uji hipotesis atau perbedaan dua rata-rata antar hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara dua kelompok secara signifikan, karena diperoleh t hitung sebesar -0,533 dan t tabel sebesar 0,595 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga t berada pada daerah penolakan Ho. Disimpulkan bahwa pembelajaran pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada pembelajaran tanpa menggunakan media film dokumenter. Dengan demikian ho ditolak dan ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa untuk memanfaatkan media LCD (Liquid Colour Display) yang ada di sekolah. Adanya media LCD (Liquid Colour Display) di sekolah guru dapat memutarkan film dokumenter sehingga diharapkan siswa dapat lebih tertarik dengan materi konflik ix sosial. Bagi guru sosiologi harus mampu lebih kreatif dalam menyiapkan dan merancang berbagai macam media pembelajaran agar siswa lebih termotivasi serta memperoleh pengalaman yang konkret sehingga daya ingatnya juga akan bertambah. Untuk pihak sekolah agar dapat meningkatkan sarana pendukung pembelajaran sosiologi seperti laboratorium sosiologi yang dapat mendukung proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Film Dokumenter, Hasil Belajar, Sosiologi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:17
Last Modified: 03 Dec 2011 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item