Busana Fantasi Si Burung Merak Hijau


Tri Hayati, 5450307014 (2011) Busana Fantasi Si Burung Merak Hijau. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Busana Fantasi Si Burung Merak Hijau] Microsoft Word (Busana Fantasi Si Burung Merak Hijau) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

Tri Hayati. 2011. Busana Fantasi Si Burung Merak Hijau. Program Studi Teknologi Jasa Dan Produksi, Jurusan Busana D3,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dosen pembimbing Dra. Erna Setyowati, M.Si. Kata kunci: Busana Fantasi, Burung Merak Alam memiliki keaneka ragaman flora dan fauna yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan busana salah satunya adalah bulu burung merak. Burung merak adalah salah satu satwa yang dilindungi di Indonesiadan populasinya semakin lama semakin berkurang karena habitatnya semakin sedikit dan sebagian burung merak diburu oleh masyarakat, karena keindahan bulunya. Bulu burung merak memiliki bentuk bulu yang indah, unik, menarik dan beraneka ragam warna yang memukau dengan kebiasaan memperlihatkan bulu–bulunya yang cantik ketika berada dilingkungan ramai ketika sedang diperlihatkan. Bulu merak memiliki nilai jual yang tinggi jika dikreasikan dengan baik sebagai hiasan busana fantasi.Tujuan pembuatan busana fantasi dengan sumber ide burung merak adalah:(1) Menciptakan desain busana fantasi dengan sumber ide burung merak. (2) Mengetahui cara pembuatan busana fantasi dengan sumber ide burung merak. Proses pembuatan busana fantasi sibburung merak hijau adalah:1) Desain pembuatan busana fantasi dengan sumber ide burung merak terdiri dari comisol, rok pendek dan bagian belakang terdapat hiasan berbentuk kipas. 2) Pembuatan busana fantasi dengan sumber ide burung merak menggunakan pola comisol sistem alwine dan pola rok sistem praktis. Proses pembuatan dimulai dari persiapan yaitu membuat desain, menyiapkan alat dan bahan , mengambil ukuran, membuat pola dasar, merubah pola sesuai model, merancang bahan dan harga, membuat pola ukuran sebenarnya. Proses menjahit, memotong bahan dan merader, menjahit sesuai langkah-langkah tertib kerja,pengepasan dan perbaikan, memberi hiasan pada kipas dengan bulu merak yang sudah dipilih bulu-bulunya. Pembuatan busana fantasi si burung merak hijau terdiri dari comisol dada terdapat hiasan lipit-lipit dari bahan shantung, pinggang terdapat hiasan lipit-lipit dari bahan tile, bagian belakang terdapat hiasan berbentuk kipas yang dihiasi dengan bulu merak, bagian bawah rok pendek tanpa ban pinggang sesuai bentuk dan bagian panggul terdapat hiasan draperi dari bahan tile. Simpulan dari pembuatan busana fantasi si burung merak hijau adalah: Desain terdiri dari 2 potong camisol dan rok pendek, pola yang digunakan camisol sistem Alwine dan pola rok sistem praktis. Kesulitan saat menjahit pemasangan lipit-lipit bagian dada harus hati-hati agar tidak merusak bentuk mungkum, pemasangan bulu merak dilakukan secara hati-hati karena bulu merak mudah rusak, membentuk draperi pada panggul harus sesuai bentuk.Sehingga dapat disarankan cara menjahit lipit-lipit pada dada harus dilakukan dengan kesabaran,cara menerapkan bulu merak dilakukan dengan hati- hati agar bulu merak tidak rusak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Busana Fantasi, Burung Merak
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:18
Last Modified: 03 Dec 2011 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10488

Actions (login required)

View Item View Item