PENGGUNAAN STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MEMPERBAIKI MISKONSEPSI FISIKA PADA SUB POKOK BAHASAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 WONOTUNGGAL


Rina Ning Tyas, 4201406009 (2011) PENGGUNAAN STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MEMPERBAIKI MISKONSEPSI FISIKA PADA SUB POKOK BAHASAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 WONOTUNGGAL. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MEMPERBAIKI MISKONSEPSI FISIKA PADA SUB POKOK BAHASAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 WONOTUNGGAL] Microsoft Word (PENGGUNAAN STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MEMPERBAIKI MISKONSEPSI FISIKA PADA SUB POKOK BAHASAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 WONOTUNGGAL)
Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Tyas, Rina Ning. 2010. Penggunaan Strategi POE (Predict-Observe-Explain) untuk Memperbaiki Miskonsepsi Fisika pada Sub Pokok Bahasan Tekanan Zat Cair bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. M. Sukisno, M. Si, pembimbing II: Drs. Mosik, M. S Kata Kunci : Miskonsepsi fisika, POE, Strategi. Penyebab universal atas rendahnya mutu pendidikan IPA yang secara umum diterima oleh pendidik adalah adanya miskonsepsi dan kondisi pembelajaran yang kurang memperhatikan prakonsepsi peserta didik. Miskonsepsi terdapat hampir pada setiap bidang IPA seperti fisika (Viridi 2008). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa strategi POE (predict-observe-explain) dapat digunakan untuk memperbaiki miskonsepsi fisika pada sub pokok bahasan tekanan zat cair bagi peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wonotunggal tahun pelajaran 2009-2010. Populasi diasumsikan homogen sehingga digunakan teknik simple random sampling untuk mendapatkan sampel penelitian, didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan strategi POE dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan variabel yang diungkap adalah miskonsepsi fisika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes berupa tes diagnostik miskonsepsi. Berdasarkan hasil analisis t-test skor miskonsepsi dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh harga t_(hituí µá¬¾g) sebesar -3,19 dan harga t_tabel sebesar 1,99. Karena t_hitung lebih kecil dari t_tabel berarti rata-rata miskonsepsi kelompok eksperimen lebih kecil dari rata-rata miskonsepsi kelompok kontrol. Dari hasil analisis per item soal data tes diagnostik miskonsepsi diketahui bahwa rata-rata derajat pemahaman peserta didik untuk kategori tidak memahami konsep dan miskonsepsi kelompok kontrol lebih tinggi dibanding kelompok eksperimen, sedangkan untuk kategori memahami konsep kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi POE (predict-observe-explain) dapat digunakan untuk memperbaiki miskonsepsi fisika pada sub pokok bahasan tekanan zat cair bagi peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi fisika, POE, Strategi
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:18
Last Modified: 03 Dec 2011 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item View Item