PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERSTRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SEMARANG


Riva Ismawati, 4301406005 (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERSTRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERSTRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SEMARANG] Microsoft Word (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERSTRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SEMARANG)
Download (73kB)

Abstract

Ismawati, Riva. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berstrategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Semarang. Skripsi, Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Dra. Saptorini, M. Pi; Dosen Pembimbing II: Dra. Nanik Wijayati, M. Si. Kata Kunci : pembelajaran inkuiri; strategi REACT; hasil belajar. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berstrategi REACT terhadap hasil belajar serta menentukan besar kontribusinya pada hasil belajar. Manfaat yang diharapkan yaitu perbaikan kondisi pembelajaran mata pelajaran kimia kelas XI melalui kegiatan pembelajaran kontruktivisme. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Reguler SMA Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2009/2010. Analisis tahap awal menunjukkan populasi memiliki tingkat homogenitas sama dan berdistribusi normal. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah diberi perlakuan lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu masing-masing sebesar 75,52 dan 67,14. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (4,85) > ttabel (1,66), sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,58 dan thitung (5,68) > ttabel (1,99), sehingga pengaruh yang ditimbulkan signifikan. Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berstrategi REACT ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 33,64%. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal sedangkan kelas kontrol belum. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri berstrategi REACT berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 4 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:20
Last Modified: 03 Dec 2011 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item