Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini se Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora


Agus Pramono, 6101406593 (2011) Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini se Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini se Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora]
Preview
PDF (Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini se Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora) - Published Version
Download (101kB) | Preview

Abstract

Agus Pramono 2010. Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini se Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang Penentuan cabang unggulan pada tiap-tiap daerah belum dilakukan melalui proses penelusuran potensi daerah yang sistematis, terstruktur dan terukur. Potensi daerah, baik berupa potensi budaya gerak, potensi sumber daya manusia, potensi alam, ketersediaan sarana prasana, dan instrumen pendukung lain seharusnya ditelusuri dan dipetakan secara cermat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apa cabang olahraga unggulan yang berpotensi di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora untuk pembinaan olahraga usia dini; 2) Bagaimana potensi sumber daya manusia di Kecamatan Kedungtuban untuk pembinaan olahraga usia dini. Tujuan penelitian : Untuk mengetahui bagaimana potensi Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora untuk pembinaan olahraga usia dini. Populasi penelitian ini adalah sisiwa siswi Sekolah Dasar Negeri Kelas IV, V dan VI se Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora berjumlah 1403 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan Kecamatan Kedungtuban kabupaten Blora mempunyai olahraga unggulan yang berpotensi untuk pembinaan olahraga usia dini diantaranya olahraga atletik, bola volley dan panahan. Dari hasil analisis deskriptif prosentase menunjukkan 63 % mempunyai tingkat keterbelajaran gerak yang kurang dari 100 sampel siswa. Dari data yang di ambil dan keterbelajaran gerak yang kurang potensi olahraga dalam penelitian ini adalah atletik bola volley dan panahan. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah 1) Cabang olahraga yang menjadi unggulan yang berpotensi untuk pembinaan olahraga usia dini antara lain atletik, bola volley dan panahan, 2) Potensi sumber daya manusia untuk pembinaan olahraga usia dini kurang. Penulis memberikan saran 1) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan latihan olahraga, agar siswa siswa lebih menjaga kesegaran jasmani dengan berolahraga; 2) Sebaiknya orang tua memperhatikan dan memberi dukungan pada anak dirumah untuk berolahraga; 3) Sebaiknya pihak sekolah lebih mengoptimalkan kegiatan penjas, ekstrakulikuler, dan program pengembangan diri khususnya di bidang olahraga, 4) Bagi pemerintah hendaknya memberikan perhatian dalam pembinaan olahraga usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:21
Last Modified: 03 Dec 2011 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item View Item