PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN MENGELOLA KARTU UTANG DAN PIUTANG PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK PGRI TEGAL

Setyani Widiastri, 7101406645 (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN MENGELOLA KARTU UTANG DAN PIUTANG PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK PGRI TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

Abstract

Widiastri, Setyani. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Mengelola Kartu Utang Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK PGRI Tegal Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Fachrurrozi, M.Si, II. Indah Anisykurlillah, SE, M.Si, Akt. Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru, Model Pembelajaran Snowball Throwing Tujuan mempelajari akuntansi di SMK adalah untuk membekali siswa dengan berbagai kompetensi dasar agar peserta didik menguasai konsep dasar untuk kepentingan melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun terjun ke dunia kerja. Salah satu pokok bahasan yang dipelajari di SMK kelas XI Akuntansi adalah mengelola kartu utang dan piutang pada pokok bahasan ini menuntut siswa untuk menganalisis antara kartu utang dan piutang. Hasil observasi awal di SMK PGRI Tegal diperoleh data pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan ini hasil belajar siswa masih belum optimal. Permasalahan di kelas XI Akuntansi 2 SMK PGRI Tegal yaitu 63,16% siswa belum tuntas pada materi mengelola kartu utang dan 47,62% siswa belum tuntas pada materi mengelola kartu piutang. Selain hasil belajar siswa belum tuntas aktivitas belajar siswa sanagt kurang dibandingkan kelas XI Akuntansi-1. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengelola kartu utang dan piutang maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi 2 SMK PGRI Tegal Tahun ajaran 2009/2010. Fokus yang diamati adalah siswa dan guru. Pelaksanaan dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama dan kedua meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument penelitian ini menggunakan soal pos tes yang dikerjakan siswa kelas XI Akuntansi 2 pada setiap akhir siklus, dan angket tanggapan siswa mengenai model pembelajaran snowball throwing. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif dengan ketuntasan klasikal 66,67% sedangkan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Aktivitas guru pada siklus I 73,68% dengan kriteria baik dan pada siklus II 78,95% dengan kriteria baik pula. Penilaian sikap siswa meliputi aspek psikomotorik dan afektif. Nilai psikomotorik siswa pada siklus I 65,62% dan pada siklus II meningkat yaitu 67,83%. Sedangkan nilai afektif siswa pada siklus I adalah 66,55% dan siklus II adalah 70,12%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK PGRI Tegal pada pokok bahasan mengelola kartu utang dan piutang setelah pelaksanaan siklus II melalui model pembelajaran snowball throwing. Saran yang dapat diberikan adalah bagi semua guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran snowball throwing, selain dengan variasi model pembelajan guru dapat memberikan penjelasan materi dengan menggunakan alat peraga atau media selama sarana dan prasarana di sekolah mendukung sehingga dalam menjelaskan materi tidak memerlukan waktu yang banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Purwoko Bayu Pranowo fisika
Date Deposited: 02 Dec 2011 20:19
Last Modified: 02 Dec 2011 20:19

Actions (login required)

View Item