PERBEDAAN PEMILIHAN KARIER DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL SISWA SMK NEGERI 2 DENGAN SMK PGRI 1 PACITAN TAHUN 2010


Choiri Andriyati, 1301404014 (2011) PERBEDAAN PEMILIHAN KARIER DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL SISWA SMK NEGERI 2 DENGAN SMK PGRI 1 PACITAN TAHUN 2010. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN PEMILIHAN KARIER DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL SISWA SMK NEGERI 2 DENGAN SMK PGRI 1 PACITAN TAHUN 2010]
Preview
PDF (PERBEDAAN PEMILIHAN KARIER DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL SISWA SMK NEGERI 2 DENGAN SMK PGRI 1 PACITAN TAHUN 2010)
Download (297kB) | Preview

Abstract

Andriyati, Choiri. 2010. Perbedaan Pemilihan karier ditinjau dari Locus Of Control siswa SMK Negeri 2 Pacitan dengan SMK PGRI 1 Pacitan tahun 2010. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Pemilihan karier, Karier, Locus Of control Kesenjangan ini telah menarik perhatian semua pihak terutama dunia pendidikan tentang pentingnya bagi peserta didik memahami pemilihan karier. Bagaimanapun apabila siswa itu sudah mempunyai locus of control internal yang tinggi maka siswa dapat merencanakan kariernya dengan baik.Hasil survei awal pada siswa SMK PGRI 1 Pacitan menunjukkan bahwa pemilihan karier 60 % berdasarkan keinginan sendiri, 20 % ditentukan orang tua dan sisanya 20 % menyatakan ragu-ragu. Sedangkan pada siswa SMK Negeri 2 Pacitan pemilihan karier 60 % berdasarkan keinginan sendiri, 25 % ditentukan orang tua dan sisanya 15 % menyatakan ragu-ragu. Ada indikasi bahwa pilihan karir tersebut terkait dengan locus of control yang dimiliki siswa dari kedua SMK cenderung berbeda, sehingga perlu dikaji secara empiris bagaimana perbedaan pemilihan karier ditinjau dari locus of control antara siswa SMK Negeri 2 Pacitan dengan SMK PGRI 1 Pacitan? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan pemilihan karier ditinjau dari locus of control antara siswa SMK Negeri 2 Pacitan dengan SMK PGRI 1 Pacitan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK Negeri 2 Pacitan dan SMK PGRI 1 Pacitan. Sampel yang diteliti adalah 50 siswa SMK N 2 Pacitan dan 50 siswa SMK PGRI 1 Pacitan. Variabel yang diteliti adalah Locus of Control sebagai variabel bebas dan pemilihan karir sebagai variabel terikat. Data yang diperoleh menggunakan skala Locus of Control serta skala pemilihan karir selanjutnya dianalisis menggunakan anova dua jalur, untuk menguji perbedaan pemilihan karir antara siswa yang memiliki Locus of Control internal dan eksternal antara SMK N 2 Pacitan dan SMK PGRI 1 Pacitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pemilihan karir ditinjau dari locus of control antara SMK PGRI 1 Pacitan dan SMK Negeri 2 Pacitan. Siswa dari SMK PGRI 1 Pacitan cenderung memiliki locus of control eksternal sehingga berpengaruh terhadap pemilihan karir yang yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa dari SMK Negeri 2 Pacitan. Berdasarkan hasil analisis varians diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,76 dengan pvalue = 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan pilihan karir ditinjau dari locus of control dan asal sekolah.Disarankan kepada Guru Pembimbing untuk lebih meningkatkan Layanan Bimbingan Konseling agar siswa dapat menentukan pemilihan kariernya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga kelak siswa mampu bersaing di dalam dunia kerja nantinya. Bagi siswa SMK PGRI 1 Pacitan yang memiliki kecenderungan Locus of control yang rendah lebih meningkatkan kemampuan yang dimilikinya, tak terkecuali dengan SMK N 2 Pacitan sehingga dalam menentukan pemilihan karier lebih tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:23
Last Modified: 03 Dec 2011 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item