(ABSTRAK) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTS N LASEM, REMBANG KELAS VII SEMESTER 2 PADA MATERI POKOK SEGITIGA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Alfiyah, 4101406073 (2010) (ABSTRAK) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTS N LASEM, REMBANG KELAS VII SEMESTER 2 PADA MATERI POKOK SEGITIGA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Dalam upaya menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sedapat mungkin guru harus dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kemampuan peserta didik, selain itu model pembelajaran yang dipilih harus dapat menunjang peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak hanya sebagai transfer ilmu satu arah dari guru ke peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil, dengan model pembelajaran ini peserta didik dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dalam situasi yang menyenangkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Selanjutnya permasalahan yang muncul yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil ini rata-rata hasil belajar peserta didik dapat melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester 2 MTs N Lasem. Kemudian dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian, dengan menggunakan uji t diperoleh = 3,734 , = 1,669. Jadi kesimpulannya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Dan dengan uji ketuntasan belajar pada kelas eksperimen diperoleh = 6,543, =1,694. Sehingga kesimpulannya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen melebihi kriteria ketuntasan minimal yaitu 55. Penulis menyarankan agar setiap guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat agar peserta didik ikut terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Hasil Belajar, Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 02 Dec 2011 07:25
Last Modified: 02 Dec 2011 09:08

Actions (login required)

View Item