Pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Produk Handphone dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa Unnes di Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Semarang
Yuli Resista, 7350406013 (2011) Pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Produk Handphone dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa Unnes di Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Produk Handphone dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa Unnes di Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Semarang)
- Published Version
Download (57kB) |
Abstract
Resista, Yuli. 2010. Pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Produk Handphone dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa Unnes di Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Semarang. Skripsi. Jurusan Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Sugiharto, M.Si, Pembimbing II Sri Wartini, SE, MM Kata kunci: Kepercayaan, Citra Merek, Kepuasan, Loyalitas, Handphone Produsen handphone berusaha memaksimalkan pelayanan mereka untuk mencapai loyalitas konsumen. Namun, berdasarkan riset Frontier Consulting Group 2009, Brand yang memberikan Call Center Service Excellence Index terbaik belum tentu mendapatkan Top Brand Index yang terbaik. Penelitian pendahuluan terhadap 30 mahasiswa Unnes menunjukkan perilaku loyalitas terhadap handphone yang mereka miliki. Sebagian besar mahasiswa melakukan pembelian ulang handphone dengan merek yang sama, mereferensikan kepada orang lain tentang keunggulan handphonenya, dan kebal terhadap tarikan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan citra merek produk handphone secara langsung maupun tidak langsung terhadap loyalitas pada Mahasiswa Unnes di Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Unnes yang bertempat tinggal sementara di Kelurahan Sekaran. Penentuan sampel dilakukan dengan cara aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 165 responden (ditentukan dengan rumus iterasi). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian berdasarkan analisis jalur diketahui variabel bebas kepercayaan (X1) dan citra merek (X2) berpengaruh terhadap variabel terikat Kepuasan (Y1) dan Loyalitas (Y2). Variabel bebas tersebut diregresikan dengan kepuasan konsumen (Y1) dan diperoleh persamaan regresi Y1 = 0,285X1 + 0,300 X2 + 0,849. Jika variabel bebas dan kepuasan (Y1) diregresikan dengan loyalitas (Y2) diperoleh persamaan regresi Y2 = 0,240X1 + 0,235X2 + 0,796Y1 + 0,604. Pengaruh langsung kepercayaan terhadap loyalitas sebesar 0,240 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,205. Pengaruh langsung citra merek terhadap loyalitas sebesar 0,235 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,239. Simpulan dari penelitian ini adalah kepercayaan cenderung berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas, sedangkan citra merek cenderung berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas melalui variabel kepuasan. Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya produsen handphone meningkatkan kepercayaan dan citra merek guna memperoleh loyalitas pelanggan. Selain itu sebelum membeli, konsumen perlu memerhatikan kualitas sehingga tercapai kepuasan ketika membeli handphone.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Citra Merek, Kepuasan, Loyalitas, Handphone |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | Users 3313 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2011 01:27 |
Last Modified: | 03 Dec 2011 01:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10423 |
Actions (login required)
View Item |