(ABSTRAK) ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII YANG DIGUNAKAN MTs DI KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010


Santika Lya Diah Pramesti, 4101406007 (2010) (ABSTRAK) ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII YANG DIGUNAKAN MTs DI KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII YANG DIGUNAKAN MTs DI KABUPATEN KUDUS  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII YANG DIGUNAKAN MTs DI KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (402kB) | Preview

Abstract

Analisis dalam penelitian ini berfokus pada penilaian kualitas buku pada aspek materi dan penyajian buku teks sebagai sumber belajar matematika kelas VIII MTs. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah buku teks matematika kelas VIII MTs di Kabupaten Kudus merupakan buku teks yang belum mendapat pengesahan dari Pusat Perbukuan (Depdiknas). Hal ini berarti bahwa MTs di Kabupaten Kudus belum menggunakan buku teks yang jelas kualitasnya. Objek utama yang diteliti adalah buku ”Matematika Realistik Kelas VIII untuk SMP dan MTs” karya Nur Akhsin dan Ngapiningsih yang diterbitkan oleh PT Intan Pariwara Klaten tahun 2007 yang merupakan buku teks yang digunakan MTs di Kabupaten Kudus sebagai sumber belajar matematika. Buku sekolah elektronik (BSE) “Matematika Konsep dan Aplikasinya 2” karya Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan tahun 2008 juga diteliti sebagai buku pembanding. Penelitian dilakukan oleh tiga orang penilai, peneliti sendiri dan dua orang guru penilai. Penelitian dilaksanakan dengan pengisian lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap objek utama buku Matematika Realisitik Kelas VIII untuk SMP dan MTs diperoleh rata-rata persentase skor 81% menurut peneliti dan 82,35% menurut guru penilai 1. Sebagai buku pembanding, pada buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 (BSE) diperoleh rata-rata persentase skor 78,27% menurut peneliti dan 77,09% menurut guru penilai 2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, berdasarkan penilaian peneliti serta guru penilai 1, buku Matematika Realistik Kelas VIII untuk SMP dan MTs berkualitas sangat baik sebagai sumber belajar, kekurangan yang masih nampak hanya pada sub aspek perkembangan teknologi dan refleksi. Kedua, pada buku pembandingnya (BSE) memiliki kualitas baik sebagai sumber belajar menurut penilaian peneliti maupun guru penilai 2, kekurangan yang masih nampak hanya pada sub aspek melibatkan siswa secara aktif dan perkembangan teknologi. Ketiga, Perbedaan persentase skor yang cukup signifikan antara penilaian kedua penilai terhadap buku Matematika Realistik Kelas VIII untuk SMP dan MTs terlihat pada sub aspek soal-soal kontekstual, materi prasyarat, kumpulan rumus, dan penataan hal-hal penting, sedangkan pada buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 nampak pada sub aspek perkembangan teknologi, melibatkan siswa secara aktif, refleksi, dan penataan hal-hal penting. Keempat, Kedua buku yang diteliti mempunyai daya dukung yang seimbang untuk semua materi pokok. Dalam penulisan sebuah buku teks, hendaknya penulis lebih memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh Pusat Perbukuan (Pusbuk) untuk melindungi masyarakat pengguna buku teks dari buku-buku berkualitas rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Materi dan penyajian, Buku Teks, Sumber Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 02 Dec 2011 11:56
Last Modified: 02 Dec 2011 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item