Hubungan antara Beban Gendongan dengan Nyeri Pinggang pada Pedagang Jamu Gendong di Kecamatan Mijen Kota Semarang,

Eko Adiwibawa, 6450402091 (2009) Hubungan antara Beban Gendongan dengan Nyeri Pinggang pada Pedagang Jamu Gendong di Kecamatan Mijen Kota Semarang,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Hubungan antara Beban Gendongan dengan Nyeri Pinggang pada Pedagang Jamu Gendong di Kecamatan Mijen Kota Semarang,) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Nyeri pinggang merupakan keluhan yang sering dijumpai pada kehidupan sehari hari. Di Indonesia 90 % kasus nyeri tulang pinggang bawah bukan disebabkan oleh kelainan organik melainkan karena posisi tubuh dalam bekerja. Semarang merupakan salah satu kota besar yang memiliki banyak jenis pekerjaan yaitu sektor formal maupun informal, sektor informal ada beragam jenis dan pekerjaan tersebut sebagian besar mempunyai potensi nyeri pinggang (Lidia BR. Tarigan dkk, 2004:451), salah satunya pedagang jamu gendong. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah hubungan antara beban gendongan dengan nyeri pinggang pada pedagang jamu gendong di Kecamatan Mijen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan beban gendongan dengan nyeri pinggang pada pedagang jamu gendong di Kecamatan Mijen. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Reasech dengan metode penelitian survey dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah pedagang jamu gendong yang ada di Kecamatan Mijen sebanyak 55 orang, sampel dalam penelitian ini sejumlah 47 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik retriksi. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dan pengukuran dengan menggunakan timbangan dan microtoice, data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan bantuan computer program SPSS 11.0 dengan uji statistik Chi Square dengan derajat kemaknaan( α ) = 005. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan antara beban gendongan dengan nyeri pinggang pada pedagang jamu gendong di Kecamatan Mijen dimana p = 0.005 (p < 0,05). Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebaiknya pekerja mengurangi beban gendongan yang dibawa dengan cara mengganti botol kaca dengan botol plastik, bagi paguyuban untuk bekerja sama dengan instansi yang terkait untuk melakukan penyuluhan tentang ergonomi dan bahaya nyeri pinggang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: backpack load, waist pain.
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Mar 2011 21:21
    Last Modified: 22 Mar 2011 21:21

    Actions (login required)

    View Item