Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus
Noor Chalifah, 7101406547 (2011) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus)
- Published Version
Download (62kB) |
Abstract
Chalifah, Noor. 2011. ”Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus”. Skripsi. Sarjana Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Ade Rustiana, M.Si. Pembimbing II. Dra. Harnanik, M.Si. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar. Lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru merupakan faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Dalam kasus ini lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru di SMA N 1 Jekulo Kudus sudah terbilang baik, namun ternyata belum dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini bisa ditunjukkan masih banyak siswa memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 70. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana lingkungan belajar, kompetensi profesional guru, dan prestasi belajar, adakah pengaruh lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar baik secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lingkungan belajar, kompetensi profesional guru, dan prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar baik secara parsial ataupun simultan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 133 siswa, dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 100 siswa kelas XI IPS SMA N 1 Jekulo Kudus. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu lingkungan belajar (X1) dan kompetensi profesional guru (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian dari perhitungan deskriptif persentase menunjukkan variabel lingkungan belajar dengan skor rata-rata 76,26% termasuk dalam kategori baik, variabel kompetensi profesional guru dengan skor rata-rata 76,05% termasuk dalam kategori baik, dan variabel prestasi belajar sebesar 76% termasuk kategori cukup. Dengan menggunakan SPSS 15 diperoleh persamaan regresi berganda Ŷ = 60,866 + 0,114X1 + 0,048X2. Hasil uji F menunjukkan F hitung = 57,425 dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 yang berarti H3 yang berbunyi “Ada pengaruh signifikan lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jekulo Kudus” diterima. Hasil uji parsial dari variabel lingkungan belajar diperoleh t hitung = 5,885 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 hal ini berarti H1 yang menyatakan “ada pengaruh signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar” diterima, dari variabel kompetensi profesional guru diperoleh thitung = 4,454 dengan nilai signifikansi antara 0,000 < 0,05 hal ini berarti H2 yang menyatakan “ada pengaruh signifikan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar” diterima. Koefisien determinasi secara simultan lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar sebesar 53,3%, koefisien determinasi secara parsial lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 26,3%, dan koefisien determinasi kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar sebesar 16,9%. Simpulan bahwa lingkungan belajar masuk dalam kategori baik, kompetensi profesional guru masuk dalam kategori baik, dan prestasi belajar rata-rata nilai siswa masuk dalam kategori cukup. Ada pengaruh signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 26,3%. Ada pengaruh signifikan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 16,9%. Ada pengaruh signifikan lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 53,3%. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah mengenai lingkungan belajar, diharapkan orang tua hendaknya memberikan perhatian terhadap kesulitan belajar yang dialami oleh anak, menyediakan fasilitas belajar yang memadai, menciptakan suasana rumah yang tenang dan tentram agar anak dapat belajar dengan nyaman. Mengenai kompetensi profesional guru, diharapkan guru perlu meningkatkan lagi kompetensi profesionalnya terutama pada kompetensi profesional sebagai motivator yaitu dengan memberi motivasi belajar kepada siswa agar prestasi belajar siswa dapat meningkat serta memberikan kebebasan dan kebiasaan pada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dan penuh inisiatif dan kreatif dalam belajarnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 3313 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2011 01:33 |
Last Modified: | 03 Dec 2011 01:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10368 |
Actions (login required)
View Item |