Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Prestasi Akademik Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2006/2007
Evi Anindya Hapsari, 3201406025 (2011) Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Prestasi Akademik Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Prestasi Akademik Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2006/2007)
- Published Version
Download (120kB) | Preview |
Abstract
Evi Anindya Hapsari. 2011. Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Prestasi Akademik Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2006/2007. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci: Pemanfaatan internet, Sumber Belajar, Prestasi Akademik Internet atau interconnection and networking adalah media komunikasi jarak jauh dan informasi dengan menggunakan satelit. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan refrensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa secara mandiri untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen. Mahasiswa dapat mengakses secara on-line dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik, jurnal, koran, artikel dan lain-lain. Masalah yang dikaji dalam peneliian ini adsalah (1) seberapa besar tingkat pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2006/2007, (2) adakah hubungan anatara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2006/2007. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui tingkat pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa program studi Pendidikan Geografi 2006/2007, (2) Mengetahui hubungan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi akademik mahaiswa prodi Pendidikan Geografi angkatan 2006/2007. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini semua mahasiswa prodi Pendidikan Geografi angkatan 2006/2007. Pengambilan sampel yang berjumlah 32 mahasiswa dengan proportional random sampling. Ada 2 variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, dan (2) prestasi akademik mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan angket. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif persentase dan analisis product moment. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa prodi Pendidikan Geografi angkatan 2006/2007 termasuk dalam kriteria tinggi dan prestasi akademik termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari analisis DP pemanfatan internet sebagai sumber belajar yang memperoleh hasil dari skor 1600 (skor yang diperoleh) dibanding dengan skor maksimum 1920 adalah 83,33% dan DP prestasi akademik yang memperoleh hasil dari 94,72 (skor yang diperoleh) dibandingkan dengan skor maksimum 128 adalah 74%. Terdapat korelasi yang signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi penelitian sebesar rhitung = 0,369 > rtabel = 0, 349 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi angkatan 2006/2007 termasuk dalam kriteria tinggi, dan ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan presatasi akademik mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa, hendaknya lebih memaksimalkan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, karena di internet banyak terdapat informasi yang akan diperoleh sebagai bahan penunjang materi selain dari dosen yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan prestasi akdemik.bagi dosen, hendaknya berusaha untuk mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dengan pemberian tugas kepada mahasiswa sehingga akan mewujudkan cara belajar yang aktif dan diharapkan ma,pu meningkatkan presatasi akademik mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan internet, Sumber Belajar, Prestasi Akademik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 3313 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2011 01:33 |
Last Modified: | 03 Dec 2011 01:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10366 |
Actions (login required)
View Item |