PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA UNGARAN
Rikha Sabrina, 3351403125 (2011) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA UNGARAN )
Download (373kB) | Preview |
Abstract
Rikha Sabrina, 2010. “Pengaruhi Kualitas Layanan dan Kinerja Keuangan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Unit Desa Mekar Ungaran”. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.. Kata Kunci : persepsi kualitas layanan, kinerja keuanga, kepuasan anggota, loyalitas anggota Perusahaan yang telah berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dengan harga murah, penyerahan lebih cepat, dan pelayanan baik kepada pelanggan daripada pesaing, termasuk Koperasi Unit Desa (KUD). Pada Koperasi Unit Desa Mekar Ungaran belum mengoptimalkan kualitas layanan terhadap pelanggan. Hal ini terlihat dari kurangnya kualitas layanan dan kinerja keuangan KUD Mekar Ungaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah ada apa saja yang mempengaruhi persepsi kualitas layanan dan kinerja keuangan secara tidak langsug terhadap kepuasan anggota Koperasi Unit Desa Mekar Ungaran?Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi pengaruh persepsi kualitas layanan dan kinerja keuangan secara tidak langsung maupun secara langsung terhadap loyalitas anggota. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi KUD agar menggunakan kualitas yang sama sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan anggota supaya mereka tetap loyal terhadap KUD tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KUD Mekar Ungaran yang membeli di tiga warseda sebanyak 6.137 anggota, dan jumlah sampelnya 376 anggota.Variabel yang diteliti dalam penelitian ini terdiri dari aspek fisik (X1), keandalan (X2), kompetensi (X3), tanggungjawab (X4), kinerja keuangan (X5) dan loyalitas (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil analisis data dari aspek fisik (X1) sebesar 0,155, kompetensi (X2) sebesar 0,155, kompetensi (X3) sebesar 0,131, tanggungjawab (X4) sebesar 0,107, dan kinerja keuangan (X5) sebesar 0,444. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh tidak langsung aspek fisik, keandalan, kompetensi, tanggungjawab dan kinerja keuangan terhadap kepuasan anggota KUD Mekar Ungaran, Ada pengaruh yang signifikan baik secara simultan dan parsial faktor aspek fisik, keandalan, kompetensi, tanggungjawab dan kinerja keuangan terhadap kepuasan anggota KUD Mekar Ungaran, Ada pengaruh langsung faktor aspek fisik, keandalan, tanggungjawab, kinerja keuangan dan kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota KUD Mekar Ungaran, tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial faktor kompetensi terhadap loyalitas anggota KUD Mekar Ungaran. Saran yang dapat peneliti sampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah membangun loyalitas pelanggan sebuah KUD tidak lepas dari persepsi kualitas layanan guna menciptakan kepuasan pelanggan. Persepsi kualitas ini berdasarkan persepsi pelanggan, bukan dari persepsi KUD.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Users 3314 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2011 01:37 |
Last Modified: | 03 Dec 2011 01:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10334 |
Actions (login required)
View Item |