HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN HASIL FOOTWORK PEMAIN BULUTANGKIS PEMULA PUTERA PB SEHAT SEMARANG TAHUN 2010


Guruh Riya Mahardika, 6301406042 (2011) HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN HASIL FOOTWORK PEMAIN BULUTANGKIS PEMULA PUTERA PB SEHAT SEMARANG TAHUN 2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN HASIL FOOTWORK PEMAIN ] Microsoft Word (HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN HASIL FOOTWORK PEMAIN )
Download (65kB)

Abstract

Guruh Riya Mahardika, 2010, Hubungan Antara Power Otot Tungkai dan Kelincahan dengan Hasil Footwork Pemain Bulutangkis Pemula Putera PB Sehat Semarang Tahun 2010. Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Drs. M. Nasution, M.Kes, Drs. Joko Hartono, M. Pd. Kata kunci: Power Otot Tungkai, Kelincahan, Hasil Footwork. Permasalahan penelitian ini adalah: 1) Apakah ada hubungan antara power otot tungkai dengan hasil footwork?, 2) Apakah ada hubungan antara kelincahan dengan hasil footwork?, 3) Apakah ada hubungan antara power otot tungkai dan kelincahan dengan hasil footwork pemain bulutangkis pemula putera PB Sehat Semarang tahun 2010?. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui hubungan antara power otot tungkai dengan hasil footwork, 2) Mengetahui hubungan antara kelincahan dengan hasil footwork, 3) Mengetahui hubungan antara power otot tungkai dan kelincahan dengan hasil footwork pemain bulutangkis pemula putera PB Sehat Semarang tahun 2010. Populasi penelitian pemain bulutangkis pemula putera PB Sehat Semarang tahun 2010 yang berjumlah 15 pemain. Sampel penelitian 15 pemain diambil dengan teknik total sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah power otot tungkai dan kelincahan. Variabel terikatnya hasil footwork. Metode penelitian menggunakan teknik survei melalui tes dan pengukuran dan analisis data penelitian dengan teknik regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian diperoleh: 1) Power otot tungkai berhubungan secara signifikan dengan hasil footwork ditunjukkan dari hasil = 0,709> = 0,514, 2) Kelincahan berhubungan secara signifikan dengan hasil footwork ditunjukkan dari hasil 0,561> = 0,514 dan 3) Secara bersama-sama Power otot tungkai dan Kelincahan berhubungan secara signifikan dengan hasil footwork ditunjukkan dari hasil 6,163> = 3,89. Kesimpulan penelitian adalah Ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai dan kelincahan dengan hasil footwork pemain bulutangkis pemula putera PB Sehat Semarang tahun 2010. Saran penelitian: 1) Bagi pemain pemula putera PB Sehat Semarang, hendaknya selain berkonsentrasi pada latihan-latihan teknik dasar juga perlu berlatih meningkatkan kondisi fisiknya khususnya pada peningkatan power otot tungkai dan kelincahan 2) Bagi pelatih bulutangkis PB Sehat Semarang dalam pembelajaran teknik dasar footwork hendaknya dilakukan secara berimbang antara latihan teknik dan latihan fisik karena sama-sama menunjang hasil footwork, dan 3) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis diharapkan untuk mengambil variabel lain yang juga turut berhubungan dengan hasil footwork agar diperoleh informasi yang semakin lengkap tentang faktor-faktor yang menunjang hasil footwork.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Power Otot Tungkai, Kelincahan, Hasil Footwork
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:38
Last Modified: 03 Dec 2011 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10323

Actions (login required)

View Item View Item