PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMK YPE KROYA

Eni Uswanti, 7101406102 (2011) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMK YPE KROYA. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Abstract

SARI Uswanti, Eni. 2010. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMK YPE Kroya. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Dosen Pembimbing I: Drs. Partono Thomas, M.S., Dosen Pembimbing II: Indah Fajarini,S.W,S.E., M.Si, Akt. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Profesional Guru Guru merupakan komponen yang tidak terpisahkan dalam dunia pendidikan, peningkatan mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh kompetensi profesional gurunya. Kompetensi profesional guru dapat dipengaruhi berbagai faktor, dalam penelitian ini faktor yang diambil adalah kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru SMK YPE Kroya baik secara simultan maupun parsial?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru SMK YPE Kroya baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMK YPE Kroya, yang berjumlah 37 guru. Variabel yang diteliti yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1), motivasi kerja guru (X2),dan kompetensi profesional guru (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan Analisis regresi ganda di peroleh persamaan Y = 28,850 +0,492X1+0,955X2, menunjukan bahwa naik turunnya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru berpengaruh pada naik turunnya kompetensi profesional guru. Berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru SMK YPE Kroya dengan kontribusi sebesar 38,8%. Sedangkan berdasarkan uji parsial, menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SMK YPE Kroya dengan kontribusi sebesar 14,36% dan untuk motivasi kerja guru menujukan ada pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru SMK YPE Kroya dengan kontribusi sebesar 19,54%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru SMK YPE Kroya baik secara simultan maupun parsial. Saran penulis antara lain: kepala sekolah hendaknya menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi guru untuk melakukan studi lanjut, dan guru diharapkan mencari inovasi pembelajaran baru yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: toro mahasiswa fisika
Date Deposited: 02 Dec 2011 20:40
Last Modified: 02 Dec 2011 20:40

Actions (login required)

View Item