ANALISIS PENGARUH FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI TAKSI KOSTI DI KOTA SEMARANG


Baskoro Adi, 3352404029 (2011) ANALISIS PENGARUH FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI TAKSI KOSTI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI TAKSI KOSTI DI KOTA SEMARANG] Microsoft Word (ANALISIS PENGARUH FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI TAKSI KOSTI DI KOTA SEMARANG)
Download (81kB)

Abstract

Adi, Baskoro. 2011. ”Analisis Pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan transportasi taksi kosti di Kota Semarang”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra.Murwatiningsih,M.M., Pembimbing II. Drs. Sugiharto, M.Si. Kata Kunci: kualitas pelayanan, Kepuasan Pelanggan Penurunan jumlah pendapatan taksi Kosti dari tahun 2006 sampai 2008 sebesar 16% telah mengindikasikan adanya penurunan kepuasan pelanggannya. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya pelanggan yang disebabkan oleh faktor-faktor kualitas pelayanan, ini tidak sesuai yang diharapkan perusahaan. Padahal perusahaan sudah melakukan beberapa perubahan guna memenuhi kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan transportasi taksi Kosti di kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa transportasi taksi Kosti di kota Semarang Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling, dengan responden sebanyak 115 orang. Variable yang dikaji dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sebagai variable bebas. Sedangkan variable terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 15. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 0,211X1 + 0,231 X2 + 0,239X3 + 0,259X4 + 0,178X5. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 58,1%. Dengan demikian tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan transportasi penumpang pada Taxi Kosti di Kota Semarang sebesar 58,1%, sedangkan 31,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan, yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan pelanggan transportasi Kosti dikota Semarang. Saran penelitian ini adalah perusahaan sebaiknya menambahkan sejumlah fasilitas dan kualitas pelayanannya agar mendapatkan kepuasan bagi pelanggannya.  

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:41
Last Modified: 03 Dec 2011 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item View Item