(ABSTRAK) KOMPARASI ANTARA PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERORIENTASI LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM


Nur Wakhidah, 4301406076 (2010) (ABSTRAK) KOMPARASI ANTARA PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERORIENTASI LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) KOMPARASI ANTARA PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERORIENTASI LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM] Microsoft Word ((ABSTRAK) KOMPARASI ANTARA PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERORIENTASI LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM) - Published Version
Download (85kB)

Abstract

Pendidikan yang memfokuskan pada aspek kognitif bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tidak seluruh lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga dibutuhkan model pengembangan pembelajaran kimia yang dapat menarik minat belajar siswa serta membekali siswa dengan keterampilan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) berorientasi lingkungan dengan Keterampilan Proses pokok materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganyar, Kebumen. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Rata-rata nilai post test kelas eksperimen 1 adalah 80,43 dan kelas eksperimen 2 adalah 72,28. Uji perbedaan dua rata-rata dua pihak menghasilkan thitung (3,71) > ttabel (1,99) yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan menghasilkan thitung (3,71) > ttabel (1,99) yang berarti bahwa rata-rata kelas eksperimen 1 lebih baik dari kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara kelas yang diberi pembelajaran dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) Berorientasi Lingkungan dengan Pendekatan Keterampilan Proses dan hasil belajar kimia dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) Berorientasi Lingkungan lebih baik daripada Pendekatan Keterampilan Proses. Sehingga, guru harus lebih cermat dalam memilih metode mengajar yang sesuai dengan pokok bahasan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Hasil Belajar, Chemoentrepreneurship (CEP), Keterampilan Proses.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 02 Dec 2011 02:40
Last Modified: 02 Dec 2011 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item