PELAKSANAAN PERALIHAN HAK MILIK ATAS TANAH MELALUI HIBAH DI KELURAHAN JATIBARANG KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG

Christmasco, 3450407066 (2011) PELAKSANAAN PERALIHAN HAK MILIK ATAS TANAH MELALUI HIBAH DI KELURAHAN JATIBARANG KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (PELAKSANAAN PERALIHAN HAK MILIK ATAS TANAH MELALUI HIBAH DI KELURAHAN JATIBARANG KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Peralihan hak atas tanah merupakan suatu perbuatan hukum yang bertujuan memindahkan hak dari suatu pihak ke pihak lain. Beberapa cara Peralihan Hak Atas Tanah ialah dengan jual beli,tukar menukar, hibah, pemberian menurut adat, pemasukan dalam perusahan/inbreng, wasiat. Salah satu contoh dari peralihan hak atas adalah melalui Hibah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Mengapa sebagian masyarakat di Kelurahan Jatibarang melaksanakan peralihan hak milik melalui hibah? (2) Kendala – kendala apa yang dihadapi dalam pelaksanaan peralihan hak milik melalui hibah di Kelurahan Jatibarang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui mengapa masyarakat melakukan peralihan hak milik melalui hibah. (2) Untuk mengetahui Kendala-kendala apakah yang timbul dalam proses peralihan hak milik melalui hibah tersebut serta langkah-langkah dalam mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data desktriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diteliti.peneliti. dalam pengumpulan data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik yang berupa studi pustaka, wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Sedangkan objektifitas dan keabsahan data digunakan adalah teknik triangulasi yaitu pemeriksaan keabsahan data dengan cara membandingkan data-data yang diperoleh dari peneilitan yang selanjutnya dianalisis secara interaktif mulai dari pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Masyarakat di Kelurahan Jatibarang melakukan peralihan hak milik melalui hibah dikarenakan sifat hukum hibah adalah hukum yang tidak memaksa dan hibah tanah merupakan pemberian seseorang kepada orang lain dengan tidak ada penggantian apa pun dan dilakukan secara sukarela, tanpa ada kontraprestasi dari pihak penerima pemberian, dan pemberian itu dilangsungkan pada saat si pemberi masih,inilah yang berbeda dengan wasiat, yang mana wasiat diberikan sesudah si pewasiat meninggal dunia. Saran dari penulis bagi masyarakat yang menerima hak atas tanah yang sudah diperoleh melalui hibah hendaknya melakukan upaya peralihan hak milik hak atas tanah sesuai dengan prosedur dan syarat yang jelas, yang tujuannya agar memiliki kepastian dan perlindungan hukum bagi pemegang hak atas tanah. Sedangkan bagi Kelurahan Jatibarang Kecamatan Mijen Kota Semarang dalam pelaksanaannya hendaknya menambahkan sumber daya manusia, yang tujuannya supaya tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan peralihan hak milik khusunya melalui hibah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peralihan Hak Milik, Hibah.
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 01 Dec 2011 22:38
    Last Modified: 01 Dec 2011 22:38

    Actions (login required)

    View Item