PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 09 BATANG


Muhamad Arif Wicaksono, 1401909044 (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 09 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 09 BATANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 09 BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Proyonanggan 09 mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran yang belum optimal. Dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan belum ada pembagian kelompok kecil dan perorangan. Sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa masih belajar secara individu, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan guru? 2) Apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas siswa? 3) Apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan respon dalam pembelajaran? 4) Apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, (3) mengetahui respon siswa dalam pembelajaran, (4) meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe NHT yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan Siswa Kelas IV SDN Proyonanggan 09. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pada siklus I memperoleh skor 36 dengan kriteria cukup baik, siklus II dengan skor 41 dengan kriteria baik, dan pada siklus III sebesar 50 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 16,9 dengan kriteria cukup, siklus II skor 19,9 dengan kriteria baik, dan siklus III skor 24,5 dengan kriteria baik. Hasil rata-rata respon positif pada siklus I sebesar 54,59%, siklus II sebesar 69,72 %, dan pada siklus III sebesar 87,57 %. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rerata kelas sebesar 62,43 dengan persentase ketuntasan sebesar klasikal 43,24 %, pada siklus II sebesar 66,89 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 67,57 %, dan pada siklus III sebesar 71,49 dengan persentase ketuntasan belajar kalsikal sebesar 86,49 %. Simpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Proyonanggan 09. Saran bagi guru adalah Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2011 23:44
Last Modified: 25 Apr 2015 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item