Implementasi Penyaluran Dana Bantuan Agribisnis Pengembangan Usaha Peternakan Bebek di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun 2007-2008


M. BAHTIAR AFFANDI, 3353405518 (2011) Implementasi Penyaluran Dana Bantuan Agribisnis Pengembangan Usaha Peternakan Bebek di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun 2007-2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of  Implementasi Penyaluran Dana Bantuan Agribisnis Pengembangan Usaha Peternakan Bebek di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun 2007-2008 ]
Preview
PDF ( Implementasi Penyaluran Dana Bantuan Agribisnis Pengembangan Usaha Peternakan Bebek di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun 2007-2008 )
Download (294kB) | Preview

Abstract

M.Bahtiar Affandi. 3353405518, Ekonomi Pembangunan. Implementasi Penyaluran Dana Bantuan Agribisnis Pengembangan Usaha Peternakan Bebek di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun 2007-2008 Pembimbing I : Drs. Bambang Prishardoyo M.Si ; Pembimbing II : Dr. Etty Soesilowati M.Si Kata kunci : Mekanisme, Dana Bantuan Agribisnis, Peternakan Bebek. Sektor Peternakan di Kabupaten Brebes mempunyai peran yang cukup penting dalam salah satu penyumbang pemasukan PDRB Kabupaten Brebes. Sektor peternakan itik (bebek) merupakan salah satu sektor peternakan yang berpotensi. Hal ini dikarenakan potensi Kabupaten Brebes yang besar terhadap industri pengolahan makanan terutama industri telur asin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahaui bagaimana mekanisme penyaluran Dana Bantuan Agribisnis pengembangan usaha peternakan bebek di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba, manfaat program Dana Bantuan Agribisnis terhadap peningkatan pendapatan peternak di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba, serta kendala yang dihadapi dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut dalam pengembangan sektor peternakan bebek di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba Kabupten Brebes Tahun 2007-2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di lakukan di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dari hasil wawancara langsung dengan peternak dan ketua kelompok ternak dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, yaitu dinas peternakan, kantor kecamatan, kantor kelurahan, BPS serta berbagai sumber kepustakaan yang relevan dengan penelitian tentang peternakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara dan pengamatan secara langsung. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penerikan kesimpulan Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa mekanisme program penyaluran Dana Bantuan Agribisnis di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba telah dilaksanakan secara utuh sesuai dengan peraturan yang berlaku, adapun perbedaan teknis pada pelakasanaan pengumpulan proposal yang di lakukan secara kolektif bertujuan untuk mengkoordinir, dan melakukan koreksi kelengkapan proposal agar layak di tujukan kepada Bupati. Dana Bantuan Agribisnis bermanfaat membantu masalah permodalan dan meningkatkan produktivitas petani/peternak di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Dalam pelaksanaan program penyaluran Dana Bantuan Agribisnis terdapat dua kendala yaitu kendala teknis dalam pelaksanaan penyaluran Dana Bantuan Agribisnis dan kendala dalam pengembangan peternakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2011 23:33
Last Modified: 01 Dec 2011 23:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10246

Actions (login required)

View Item View Item