KESESUAIAN MATERI ASPEK MEMBACA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII TERBITAN YUDHISTIRA DAN ERLANGGA

Ninik Roasih, 2101406691 (2011) KESESUAIAN MATERI ASPEK MEMBACA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII TERBITAN YUDHISTIRA DAN ERLANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[img]
Preview
PDF (KESESUAIAN MATERI ASPEK MEMBACA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII TERBITAN YUDHISTIRA DAN ERLANGGA)
Download (214Kb)

    Abstract

    SARI Roasih, Ninik. 2010. Kesesuaian Materi Aspek Membaca Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP kelas VII Terbitan Yudhistira dan Erlangga. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wagiran, M.Hum, dan Pembimbing II: Drs. Haryadi, M.Pd. Kata kunci: kesesuaian materi, buku teks, dan aspek membaca. Salah satu peran guru adalah menyesuaikan pengembangan materi pada buku teks yang dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapan yang dimilikinya dan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Buku teks berperan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Buku teks yang baik adalah buku teks yang dapat membantu siswa belajar dan memotivasi minat belajar siswa. Agar harapan ini menjadi kenyataan, buku harus menarik, baik dari segi bentuk maupun isi dan berdampak pada pengembangan berfikir, berbuat dan bersikap siswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Banyaknya buku teks yang terbit saling bersaing agar digunakan pihak sekolah menjadikan persaingan harga, juga kadang-kadang para pengarang maupun penerbit kurang memperhatikan kaidah-kaidah dalam penyusunan buku teks. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah kesesuaian materi keterampilan berbahasa aspek membaca pada buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP kelas VII Terbitan Yudhistira dan Erlangga dengan: a) KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), b) tujuan pendidikan, c) ilmu bahasa, d) perkembangan kognitif sisiwa? (2)Bagaimanakah perbandingan kesesuaian materi keterampilan berbahasa aspek membaca pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP kelas VII Terbitan Yudhistira dan Erlangga?. Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesesuaian materi keterampilan berbahasa aspek membaca pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP kelas VII Terbitan Yudhistira dan Erlangga dengan: a) KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), b) tujuan pendidikan, c) ilmu bahasa, d) perkembangan kognitif dan siswa? (2) Untuk mengetahui perbandingan kesesuaian materi keterampilan berbahasa aspek membaca pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP kelas VII Terbitan Yudhistira dan Erlangga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis isi (content analisis) karena bermaksud menarik kesimpulan yang reflikatif atas dasar konteksnya. Data dalam penelitian ini adalah isi atau materi ajar dalam buku pelajaran. Adapun sumber data diambil dari buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VII SMP terbitan Yudhistira dan Erlangga. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, pilah, dan catat. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesesuaian materi pada buku teks bahasa terbitan Yudhistira, meliputi (1) kesesuaian materi dengan kurikulum Kesesuaian materi dengan kurikulum adalah 80,83%, (2) relevansi materi ditinjau segi tujuan pendidikan adalah 75%, (3) kebenaran materi dilihat dari segi ilmu bahasa dan sastra baik sebagi satu mata pelajaran maupun sebagai dua mata pelajaran terpisah adalah 82%, (4) kesesuaian materi dengan perkembangan kognitif siswa adalah 80%. Sedangakan pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Erlangga meliputi, (1) kesesuaian materi dengan kurikulum Kesesuaian materi dengan kurikulum adalah 74,16%, (2) relevansi materi ditinjau segi tujuan pendidikan adalah 72%, (3) kebenaran materi dilihat dari segi ilmu bahasa dan sastra baik sebagi satu mata pelajaran maupun sebagai dua mata pelajaran terpisah adalah 76%, (4) kesesuaian materi dengan perkembangan kognitif siswa adalah 71,25%. Perbandingan hasil analisis kesesuaian bahasa pada kedua buku di atas, menunjukan bahwa kesesuaian materi pada buku teks terbitan Yudhistira baik dengan presentase 79,5% dan buku teks terbitan Erlangga cukup baik dengan presentase 73,35%. Kebaikan pada buku teks terbitan Yudhistira terletak pada keterpaduan materi yang sesuai dan bahasanya yang sederhana sehingga mudah dipahami peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang disampaikan penulis meliputi, (1) penerbit/penyusun/penulis buku teks agar memperhatikan kualitas dan isi bahan ajar, serta mengacu pada kompetensi dasar sesuai standar isi 2006. Selain itu, para peneliti perlu diadakan pengembangan lebih lanjut terhadapa buku ajar bahasa Indonesia untuk melengkapi kekurangan pada bahan ajar tersebut. (2) para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas hendaknya mempriotaskan buku teks yang sesuai dengan standar isi 2006. Pemilihan bahan ajar dilakukan dengan cermat sehingga diperoleh buku teks yang berkualitas baik dan dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Purwoko Bayu Pranowo fisika
    Date Deposited: 01 Dec 2011 18:33
    Last Modified: 01 Dec 2011 18:33

    Actions (login required)

    View Item