PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK UNTUK MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MASEHI KUDUS


Yuni Setyaningsih, 2101406584 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK UNTUK MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MASEHI KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK UNTUK MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MASEHI KUDUS ] Microsoft Word (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK UNTUK MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MASEHI KUDUS )
Download (86kB)

Abstract

Setyaningsih, Yuni. 2010. Peningkatan Keterampilan Menyimak untuk Menemukan Pokok-Pokok Berita Menggunakan Media Audio dengan Metode Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas VIIIA SMPMasehi Kudus. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Haryadi, M.Pd., Pembimbing II: Deby Luriawati N. S.Pd, M.Pd. Kata kunci: menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita, media audio, dan metode Think Talk Write (TTW). Keterampilan menyimak sangat penting bagi semua siswa dan guru ikut berperan dalam membantu siswa agar mampu menyimak. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas VIII dalam aspek menyimak adalah menentukan pokok-pokok berita (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana). Siswa di SMP Masehi Kudus masih banyak yang belum menguasai kompetensi dasar tersebut, khususnya keterampilan menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita. Rendahnya keterampilan siswa disebabkan siswa kurang berminat saat mengikuti pembelajaran menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita dan kurang tepatnya media dan metode yang digunakan guru. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita tersebut, peneliti memberikan alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan media audio dan metode Think Talk Write (TTW). Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita menggunakan media audio dengan metode Think Talk Write (TTW), (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP Masehi Kudus setelah mengikuti pembelajaran menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita menggunakan media audio dengan metode Think Talk Write (TTW). Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita pada siswa kelas VIIIA SMP Masehi Kudus setelah mengikuti pembelajaran menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita menggunakan media audio dengan metode Think Talk Write (TTW), (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP Masehi Kudus setelah mengikuti pembelajaran menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita menggunakan media audio dengan metode Think Talk Write (TTW). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes tertulis menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita. Data nontes yang digunakan berupa lembar observasi, lembar jurnal siswa, lember jurnal guru, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa media audio dan metode Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VIIIA SMP Masehi Kudus dalam menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita. Peningkatan keterampilan menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita diketahui dari hasil tes prasiklus, siklus I, siklus II. Nilai rata-rata kumulatif pada saat tindakan prasiklus mencapai 51,66 dengan ketegori kurang. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 61,7 dengan kategori cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata kumulatif tersebut mengalami peningkatan menjadi 77,6 dengan kategori baik. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25,76%. Perilaku yang ditunjukkan siswa pun berubah ke arah yang positif setelah diberi tindakan. Sikap dan perilaku positif ini dibuktikan oleh hasil observasi, hasil jurnal siswa, hasil jurnal guru, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi foto. Perubahan perilaku ditunjukkan dengan sikap siswa pada siklus I, ada siswa yang cenderung ramai, maka pada siklus II sudah berkurang. Perilaku siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru pada siklus II telah berkurang dan siswa lebih terfokus pada pembelajaran. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan adalah (1) siswa hendaknya memanfaatkan metode Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran secara lebih optimal dan tidak menutup kemungkinan pemanfaatan metode Think Talk Write (TTW) dapat diterapkan pada pembelajaran lainnya; (2) guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam proses pembelajaran disarankan untuk menerapkan media audio dan metode Think Talk Write (TTW) sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita karena terbukti metode Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan menyimak untuk menemukan pokok-pokok berita (3) mahasiswa yang menekuni bidang Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian di bidang menyimak, khususnya menyimak berita dengan menitikberatkan pada aspek lainnya; dan (4) peneliti lain hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan menggunakan metode maupun teknik yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2011 23:33
Last Modified: 01 Dec 2011 23:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10237

Actions (login required)

View Item View Item