Minat Siswa Kelas IV, V, VI Terhadap Mata Pelajaran PENJASORKES di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010


Sugeng Nurbekti, Sugeng (2011) Minat Siswa Kelas IV, V, VI Terhadap Mata Pelajaran PENJASORKES di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of Minat Siswa Kelas IV, V, VI Terhadap Mata Pelajaran PENJASORKES di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010] Microsoft Word (Minat Siswa Kelas IV, V, VI Terhadap Mata Pelajaran PENJASORKES di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)
Download (97kB)

Abstract

Sugeng Nurbekti, 2010.“Minat Siswa Kelas IV, V, VI Terhadap Mata Pelajaran PENJASORKES di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang Minat Siswa Terhadap Pelajaran Penjasorkes Guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena guru memegang peranan dalam keberhasilan yang secara dominan akan mempengaruhi mutu pendidikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kualitas guru sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil pendidikan. Pada kenyataannya di SD Dumeling 02 siswa mempunyai minat dalam mengikuti pelajaran, namun bila setiap kali evaluasi pengajaran dilakukan seringkali hasilnya tidak memuaskan. Tentu saja banyak faktor yang berpengaruh, di antaranya adalah minat belajar siswa terhadap pelajaran yang dimaksud, pantas untuk dipertanyakan Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh minat belajar siswa SD Dumeling 02 terhadap hasil belajar Penjasorkes serta faktor-faktor yang mempengaruhi minta belajar siswa. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Dumeling 02. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling yang berjumlah 94 orang dari populasi siswa yang berjumlah 223. Penggunaan metode pengambilan sampel ini dianggap yg paling tepat karena jumlah populadi yang terlalu sama dan memiliki karakteristik yang sama pula. Metode pengambilan data menggunakan metode angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deduktif dan analisis induktif. Berdasarkan hasil analisis dari suatu penelitian minat siswa kelas IV, V, VI terhadap pelajaran penjasorkes sebanyak 54.3% responden menyenangi pelajaran penjasorkes dan termasuk dalam kategori tinggi, sebanyak 16% responden kurang menyenangi pelajaran penjasorkes dan termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan responden yang tidak menyenangi pelajaran penjasorkes sebanyak 29.8%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah minat siswa SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes terhadap pelajaran penjasorkes yang dilakukan di sekolah dalam kategori tinggi yang ditunjukkan dari ketertarikan perhatian dan aktivitisnya cukup tinggi. Sebagai saran hendaknya guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar agar siswa lebih maju dan dapat berprestasi di ajang lomba. Dari sekolah diharapkan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung pelajaran pendidikan jasmani, sehingga siswa lebih kreatif dalam melakukan pendidikan jasmani serta dapat meningkatkan prestasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2011 23:34
Last Modified: 01 Dec 2011 23:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item View Item