Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Wirosari Grobogan


DEDDY HARTANTO SETIAWAN, 2414990013 (2007) Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Wirosari Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Wirosari Grobogan]
Preview
PDF (Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Wirosari Grobogan) - Published Version
Download (265kB) | Preview

Abstract

Menurut kurikulum 2004 pendidikan seni rupa diberikan untuk menumbuhkan kepekaaan rasa keindahan (estetika) dan artistik sehingga membentuk sikap kreatif, apresiatif dan kritis. Pendidikan seni rupa yang masuk dalam mata pelajaran Kertangkes memiliki aspek kognitif, psikomotorik dan apresiatif. Namun, sebagian besar pelaksanaan pembelajarannya lebih banyak praktik dan mengabaikan apresiasi. Padahal, diharapkan harus melibatkan ketiga aspek tersebut secara integral. Akibatnya siswa tidak memiliki peningkatan kepekaan atau sensitivitas yang diharapkan. Kondisi seperti ini jelas bukan merupakan pertanda positif karena akan menghambat proses pembelajaran yang benar dan tidak tercapainya tujuan akhir. Masalah pembelajaran apresiasi tentunya merupakan persoalan yang perlu mendapatkan amatan secara khusus untuk tercapainya kompetensi menilai keunikan gagasan karya seni rupa. Secara spesifik rumusan yang diketengahkan adalah bagaimana proses, hasil dan faktor pembelajaran apresiasi dalam pendidikan seni rupa di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Kecamatan Wirosari. Dengan adanya kondisi tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) proses pembelajaran apresiasi dalam pendidikan seni rupa (2) hasil pembelajaran apresiasi dalam pendidikan seni rupa dan (3) faktor penentu proses pembelajaran apresiasi di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Kecamatan Wirosari Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Wirosari. Sasarannya adalah proses pembelajaran apresiasi pendidikan seni rupa di kelas IV,V, dan VI. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran apresiasi di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Kecamatan Wirosari jarang dilakukan dan tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hasil pembelajaran apresiasi di Sekolah Dasar Negeri II Mojorebo Kecamatan Wirosari belum bisa meningkatkan kompetensi siswa dalam hal menilai berbagai gagasan tentang objek, tema, dan simbol dalam karya seni. Penyebabnya adalah persepsi guru bahwa pendidikan seni rupa hanya praktik dan kurangtahuan guru mengenai pembelajaran apresiasi yang benar. Atas dasar itulah maka saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah guru di Sekolah Dasar perlu memperhatikan pembelajaran apresiasi karena terintegrasi dengan pembelajaran kreatif dalam pendidikan seni rupa. Perlu diadakan bimbingan dari pihak Departemen Pendidikan Nasional khususnya tingkat kecamatan mengenai pembelajaran seni rupa di SD secara baik dan benar, khususnya pembelajaran apresiasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2011 03:23
Last Modified: 25 Apr 2015 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item