(ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA FOTO DENGAN METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3 KUDUS


Wijiati, 2101406518 (2011) (ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA FOTO DENGAN METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS  PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA FOTO  DENGAN METODE PETA PIKIRAN  PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3 KUDUS ] Microsoft Word ((ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA FOTO DENGAN METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3 KUDUS ) - Published Version
Download (84kB)

Abstract

Kegiatan menulis pengalaman pribadi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa setiap harinya. Keterampilan menulis pengalaman pribadi penting dikuasai siswa kelas VII karena tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai materi pelajaran, namun pada kenyataannya banyak siswa yang tidak senang jika kegiatan belajar sampai pada pokok pembelajaran menulis. Berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Kudus belum optimal yaitu sebesar 57,9 dan belum mencapai KKM 74. Oleh karena itu, perlu adanya media dan metode pengajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Masalah dalam penelitian adalah a) bagaimana peningkatan kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIIH SMP N 3 Kudus dan b) perubahan tingkah laku siswa kelas VIIH SMP N 3 Kudus setelah diterapkan media foto dengan metode peta pikiran dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIIH SMP N 3 Kudus. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data tes dan nontes, meliputi: observasi, jurnal guru, jurnal siswa, wawancara, dokumentasi foto. Hasil siklus I dan siklus II disajikan dalam bentuk data kuantitatif, sedangkan hasil nontes disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prasiklus 57,9 dengan presentase keberhasilan 0%. Nilai rata-rata siklus I mencapai 64,5 dengan persentase keberhasilan 38,9%. Nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 79,6 dengan persentase keberhasilan 91,6%. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih antusias dan percaya diri. Siswa aktif dan senang dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan kepada guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia untuk menerapkan media foto dan metode peta pikiran dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi karena dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, pengalaman pribadi, media foto, metode peta pikiran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 01 Dec 2011 07:21
Last Modified: 01 Dec 2011 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item