Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sampang Kabupaten Cilacap


Arum Lestari , 3501405523 (2011) Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sampang Kabupaten Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sampang Kabupaten Cilacap.]
Preview
PDF (Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sampang Kabupaten Cilacap.) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar bukan hanya menghafal sejumlah fakta atau informasi. Belajar adalah berbuat, memperoleh pengalaman tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran harus dapat mendorong aktivitas siswa supaya tujuan yang diharapakan dapat tercapai. Berdasarkan observasi dan pengamatan di SMA Negeri 1 Sampang menunjukkan prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran masih kurang sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan akademik. Sejalan dengan itu, maka model kooperatif group investigation dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif group investigation adalah dengan membagi kelompok terdiri dari 5/6 kelompok dan melakukan investigasi dan mempresentasikannya di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Seberapa jauh perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif group investigation pada mata pelajaran sosiologi?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif group investigation pada mata pelajaran sosiologi? Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampang, Kabupaten Cilacap tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 249. Pengambilan sampel yang berjumlah 36 siswa dilakukan dengan teknik Purposive sample. Metode pengumpulan data menggunakan eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua variabel bebas yaitu penggunaan metode pembelajaran group investigation dalam pembelajaran sosiologi. Dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian, didapatkan pencapaian hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif group investigation ternyata memperoleh skor pencapaian hasil belajar yang lebih tinggi (Mean = 81,67) dibandingkan dengan pencapaian hasil belajar kelompok siswa menggunakan pembelajaran konvensional (Mean = 64,03), dan dapat dikatakan bahwa telah terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa melalui model pembelajaran kooperatif group investigation. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation pada pembelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi,dengan pembelajaran ini sangat cocok karena lebih menarik dan inovatif dalam proses belajar mengajar siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Sampang. Sedangkan dalam penelitian ini ditemukan suatu hambatan-hambatan dalam penggunaan metode pembelajaran kooperatif group investigation dalam materi sosiologi yaitu dalam pembagian alokasi waktu, karena terdapat tahapan-tahapan yang memerlukan waktu. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru dalam pelaksanaan model kooperatif group investigation harus disesuaikan dengan materi juga harus alokasi waktu karena pembelajaran kooperatif group investigation memiliki tahapan-tahapan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus mampu mengkondisikan siswa didalam kelompoknya supaya jalannya pembelajaran menjadi tertib dan teratur. Bagi siswa dengan pembelajaran kooperatif group investigation agar siswa dapat lebih bertanggung jawab dengan tugas dan mampu menempatkan diri dalam kelompoknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Prestasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 01 Dec 2011 06:29
Last Modified: 25 Apr 2015 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10198

Actions (login required)

View Item View Item