Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Disertai Pemutaran Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Akibat Kekurangan Iodium Pada Siswa Kelas V SDN Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011
Mirsa Riski Hapsari, 6450406590 (2011) Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Disertai Pemutaran Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Akibat Kekurangan Iodium Pada Siswa Kelas V SDN Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Disertai Pemutaran Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Akibat Kekurangan Iodium Pada Siswa Kelas V SDN Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011)
- Submitted Version
Download (973kB) | Preview |
Abstract
Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) masih merupakan masalah kesehatan yang membutuhkan perhatian dan penanganan yang serius. Dampak dari GAKI bukan hanya pembesaran kelenjar gondok namun dapat berakibat lebih buruk yaitu penurunan tingkat kecerdasan yang dimulai pada masa janin hingga dewasa. Kelompok sasaran program penanggulangan GAKI adalah WUS, Ibu Hamil, Ibu menyusui untuk daerah endemis berat dan sedang dan anak SD untuk anak endemis berat. Anak usia sekolah digunakan sebagai kelompok sasaran dengan pertimbangan sebagai kelompok vulnerable, assibilitas yang tinggi dan mudah dilakukan surveilans. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan Control Group Pretest Posttest Design. Populasi berjumlah 62 anak, yang terdiri dari siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunungwungkal 01 dan Sekolah Dasar Negeri Giling 02 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Sampelnya sebanyak 31 siswa yang diambil secara total sampling yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal-soal test (kuesioner) dan video. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji t test tidak berpasangan). Dari hasil penelitian didapatkan hasil signifikansi atau nilai p pada kelompok eksperimen dan kontrol adalah 0,0001. Karena nilai p (0,0001) lebih kecil dari 0,05, maka diperoleh hasil bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Saran yang diajukan bagi pihak sekolah, hendaknya pihak sekolah tetap turut aktif dalam menyampaikan informasi-informasi tentang GAKI kepada anak-anak sekolah, terutama dengan menggunakan penyuluhan menggunakan metode brainstorming disertai pemutaran video.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Brainstorming, Pemutaran Video, GAKI |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RJ Pediatrics |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Dec 2011 06:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10197 |
Actions (login required)
View Item |