HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011-2012


Nurul Rahmawati, 1550407015 (2011) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMP N 13 SEMARANG  TAHUN AJARAN 2011-2012]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011-2012) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena mengenai kebiasaan belajar siswa yang kurang baik, Masalah kebiasaan anak dalam belajar merupakan masalah yang patut diperhatikan oleh sekolah maupun orang tua. Kebiasaan belajar yang kurang baik tersebut diperkirakan karena masalah komunikasi anak atau siswa dengan orang tua yang kurang berkualitas. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Kebiasaan belajar diukur dengan skala kebiasaan belajar. Skala kebiasaan belajar mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,971. Skala kebiasaan belajar terdiri dari 66 aitem valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,344 sampai dengan 0,852. Sedangkan kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua diukur dengan menggunakan skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua. Skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,964. Skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua terdiri dari 45 aitem valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,338 sampai dengan 0,771. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 12.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel kebiasaan belajar siswa tergolong tinggi. Demikian juga variabel kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua juga tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Korelasi kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar diperoleh koefisien r = 0,717 dengan signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 13 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua, kebiasaan belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2011 02:29
Last Modified: 25 Apr 2015 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item