(ABSTRAK) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI GAS BUANG KARBON MONOKSIDA (CO) PADA KENDARAAN BERMOTOR


Ervin Kristiana, 4250406006 (2011) (ABSTRAK) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI GAS BUANG KARBON MONOKSIDA (CO) PADA KENDARAAN BERMOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI GAS BUANG KARBON MONOKSIDA (CO) PADA KENDARAAN BERMOTOR]
Preview
PDF ((ABSTRAK) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI GAS BUANG KARBON MONOKSIDA (CO) PADA KENDARAAN BERMOTOR) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Perkembangan kendaraan bermotor di era global mengalami suatu lonjakan yang luar biasa. Penjualan sepeda motor nasional sepanjang tiga kuartal 2008 meningkat 42% menjadi sekitar 4,8 juta unit dibanding tahun 2007 dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Kendaraan bermotor menghasilkan polutan lebih dari 60% dibandingkan dengan penghasil polutan yang lain. Semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor menghasilakn emisi gas buang karbon monoksida (CO) semakin besar sehingga meningkatkan laju pemanasan global (global warming). Unsur terbesar dari gas buang kendaraan bermotor adalah gas karbon monoksida (CO). Untuk mengukur kandungan gas CO dibutuhkan detektor yang mampu mendeteksi gas CO hasil dari pembuangan kendaraan bermotor. Pada penelitian ini dihasilkan suatu detektor gas CO yang portable menggunakan sensor TGS 2201 berbasis mikrokontroler Atmega 16. Sensor akan mendeteksi gas CO melalui pembuangan kendaraan tersebut dan hasilnya akan ditampilkan pada LCD 2X16. Kalibrasi dilakukan terhadap alat stadart Autocheck Gas Analyzer, untuk mengetahui kelayaka detektor gas CO. Detektor gas CO ini kemudian diujikan pada produksi A,B, dan C yang telah dipasarkan dari tahun 2006 sampai 2010. Rata – rata besar kandungan gas CO dari ketiga jenis motor tersebut sebesar 1,52% untuk A, B sebesar 1,3%, dan C sebesar 1,43%. Jadi dari ketiga jenis motor tersebut yang memiliki kandungan gas CO paling kecil adalah B.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Global Warming, Gas CO, Gas Buang Emisi, Sensor TGS 2201, Mikrokontroler Atmega 16.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2011 01:58
Last Modified: 01 Dec 2011 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item