Pembelajaran Fisika dengan Metode Children Learning In Science (CLIS) Melalui Pendekatan Konstruktivisme Ditinjau dari Kemampuan Matematika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011


Teguh Winarso , 4201407054 (2011) Pembelajaran Fisika dengan Metode Children Learning In Science (CLIS) Melalui Pendekatan Konstruktivisme Ditinjau dari Kemampuan Matematika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Fisika dengan Metode Children Learning In Science (CLIS) Melalui Pendekatan Konstruktivisme Ditinjau dari Kemampuan Matematika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Pembelajaran Fisika dengan Metode Children Learning In Science (CLIS) Melalui Pendekatan Konstruktivisme Ditinjau dari Kemampuan Matematika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas VIII SMP N 3 Ungaran masih menggunakan metode ceramah dan sesekali diskusi. Pembelajaran dengan metode-metode yang menjadikan siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar jarang dilakukan. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan kemampuan berfikir siswa tidak berkembang sehingga diperlukan penerapan metode pembelajaran yang menjadikan siswa aktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode Children Learning in Science (CLIS) melalui pendekatan konstruktivisme . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode Children Learning in Science (CLIS) melalui pendekatan konstruktivisme dan metode konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa SMP, (2) Pengaruh kemampuan matematika tingkat tinggi dan rendah terhadap hasil belajar fisika siswa SMP, (3) Hubungan antara pengaruh metode pembelajaran CLIS melalui pendekatan konstruktivisme dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar fisika siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan terpilih kelas VIII-H dan VIII-I. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi berupa kemampuan matematika dan teknik tes berupa hasil belajar kognitif siswa pada sub pokok bahasan Pemantulan Cahaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua arah. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran fisika dengan metode CLIS melalui pendekatan konstruktivisme dan konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa, peningkatan rata-rata metode CLIS jauh lebih tinggi yaitu 0,53 dibandingkan metode konvensional yaitu 0,39. (2) Tidak ada perbedaan pengaruh antara kemampuan matematika tinggi dan kemampuan matematika rendah terhadap hasil belajar fisika siswa (3) Tidak ada hubungan antara pengaruh metode pembelajaran CLIS melalui pendekatan konstruktivisme dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini hendaknya guru lebih memperhatikan metode pembelajaran yang akan diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Children Learning In Science (CLIS), Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar, Kemampuan Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2011 08:43
Last Modified: 25 Apr 2015 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item