“Profil dan Strategi Pemasaran Industri Kecil Tas di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal”

Nofi Sopianah , 7450406524 (2011) “Profil dan Strategi Pemasaran Industri Kecil Tas di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Profil dan Strategi Pemasaran Industri Kecil Tas di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal”.) - Submitted Version
Download (2500Kb)

    Abstract

    Di Kabupaten Kendal terdapat sektor industri kecil yang memiliki potensi besar yaitu industri kecil tas. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profil industri kecil tas di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal? bagaimana mekanisme pemasaran yang digunakan di industri kecil tas Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal?, bagaimana kendala-kendala yang dihadapi industri kecil tas di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal?, bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi industri kecil di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Profil Industri Kecil tas di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal; Mekanisme Pemasaran yang digunakan industri Kecil di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal; Kendala-kendala industri Kecil Tas di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal; Strategi pemasaran yang tepat untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi industri kecil tas di kecamatan kangkung kabupaten Kendal. Populasi penelitian ini berjumlah 22 unit industri. Variabel penelitian ini adalah strategi pemasaran, Permodalan,tenaga kerja, teknologi, bahan baku dan pemasaran. Metode pengumpulan datanya meliputi kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data adalah deskriptif persentase dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengusaha usaha industri tas ini sebagai pekerjaan utama, rata-rata daerah pemasaran adalah dalam negeri, mempunyai rata-rata kapasitas produksi perbulan lebih dari 1500 pcs. Kendala yang dihadapi yaitu di permodalan yang tersedia dari 22 unit hanya 7 unit yang bisa memenuhi modalnya dan 15 unit belum bisa memenuhi, Kendala persediaan tenaga kerja di dalam Kota Kendal dalam memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkan industri kecil hanya bisa memenuhi 57,94% selebihnya mendatangkan tenaga kerja dari luar kota, persediaan bahan baku di dalam kota, teknologi yang digunakan belum adanya mesin spesialisasi, Sistem pemasaran dan belum adanya pembukuan pengusaha . Kesimpulan dari penelitian adalah dari 22 unit industri 17 unit industri dalam memasarkan hasil industrinya secara tidak langsung yaitu melalui jasa perantara dan sistem yang digunakan dengan saling percaya antara pengusaha dan sales tidak adanya perjanjian resmi. Kendala- kendal yang dihadapi industri kecil tas yaitu persediaan modal, minimnya persediaan tenaga kerja di dalam kota, persediaan bahan baku, tekonologi yang digunakan , sistem pemasaran. Saran untuk pengusaha adanya pelatihan untuk tenaga kerja agar tingkat kreatifitasnya berkemabang, dan adanya sistem pemasaran yang lebih efektif yaitu melalui media cetak adan internet dan adanya peran rintah dalam membatu proses pemasaran hasil industri.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Industri Kecil Kerajinan, permodalan Tenaga Kerja, Teknologi,, Pemasaran, Bahan Baku.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 30 Nov 2011 03:29
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:49

    Actions (login required)

    View Item